Jakarta (ANTARA) - Alex Oxlade-Chamberlain mencetak dua gol saat membantu Liverpool membungkam tuan rumah Genk 4-1 dalam laga ketiga penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Luminus Arena, Genk, Belgia, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Dua gol lain dalam kemenangan Liverpool itu dicetak gol Sadio Mane dan Mohamed Salah sementara tuan rumah hanya bisa membalas lewat Stephen Odey demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati menang, Liverpool tetap berada di posisi kedua dengan koleksi enam poin, sebab dalam laga lain Napoli (7) berhasil meraih kemenangan di markas Red Bull Salzburg (3), sedangkan Genk (1) terpaku sebagai juru kunci.

Baca juga: Genk vs Liverpool: Salah kembali, Arnold dan Matip absen

Pertandingan baru berjalan dua menit ketika Oxlade-Chamberlain membuka keunggulan Liverpool lewat tembakan menyusur tanah ke sudut kiri bawah gawang. Menerima bola dari Fabinho, Oxlade-Chamberlain melepaskan tembakan mengejutkan yang tak memberikan kesempatan bagi kiper Gaetan Coucke untuk bereaksi.

Tuan rumah bereaksi cukup baik setelah kebobolan dan berusaha menyamakan kedudukan namun peluang Carlos Cuesta berhasil dihentikan dengan baik oleh kiper Alisson Becker yang juga kemudian cepat mengamankan bola liar sebelum sempat dikejar para pemain Genk.

Pada menit ke-25, Liverpool berpeluang menggandakan keunggulan lewat situasi serangan balik namun tembakan Mane dimentahkan oleh Coucke, lantas dua menit kemudian publik tuan rumah bersorak menyangka sudah bisa menyamakan kedudukan melalui Mbwana Samatta.

Sayangnya, gol itu kemudian dianulir lantaran Junya Ito terlebih dulu berada dalam posisi offside sebelum menerima bola dan melepaskan umpan tarik untuk diselesaikan Samatta.

Lantas pada menit ke-40 Ito kembali menciptakan peluang untuk Genk, sayang umpan tariknya terlalu deras dan tak mampu dikejar oleh Samatta.

Baca juga: Pengalaman jadi faktor Liverpool sukses atasi tekanan

Keunggulan Liverpool yang bertahan hingga turun minum berganda pada menit ke-57 lewat gol kedua Oxlade-Chamberlain di pertandingan itu. Mantan pemain Arsenal itu melepaskan tembakan sentuhan pertama dengan sisi luar kaki kanannya menyambut sodoran bola dari Roberto Firmino, menciptakan pergerakan bola yang lagi-lagi mematikan kesempatan Cuocke bereaksi.

Oxlade-Chamberlain sebetulnya punya peluang besar untuk melengkapi raihan trigol pada menit ke-72 ketika ia berlari dari celah di tengah kotak penalti demi menanti umpan Salah. Sayangnya, Salah terlalu lama mengambil keputusan dan akhirnya melepaskan umpan yang terlalu deras.

Lima menit kemudian, Salah membayar lunas keteledorannya dengan mengirimkan umpan terobosan yang berhasil dikejar oleh Mane dan disontek memperdaya Coucke yang terlanjur meluncur menjatuhkan diri. Liverpool tiga, Genk nol.

Pada menit ke-87 giliran Salah mencetak gol dengan mengandalkan kekuatan fisiknya melewati upaya hadangan Jhon Lucumi dan Cuesta setelah menerima umpan sederhana Mane, lantas penyerang Mesir itu melepaskan tembakan yang tak mampu diantisipasi Coucke demi menambah keunggulan Liverpool menjadi 4-0.

Sayangnya, gawang Liverpool tak bisa tetap suci hingga laga usai sebab Genk langsung membalas gol Salah dengan aksi brilian Diemerci N'Dongala melewati sejumlah pemain tim tamu sebelum melepaskan umpan tarik yang berhasil dijaga Odey dan diselesaikan ke dalam gawang.

Pun demikian, gol itu tak cukup menghindarkan Genk dari kekalahan 1-4 ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Batshuayi pilihan tepat, tutur Lampard

Baca juga: Leipzig bangkit tundukkan Zenit 2-1


Susunan pemain:

Genk (4-4-1-1): Gaetan Coucke; Joakim Maehle, Carlos Cuesta, Jhon Lucumi, Jere Uronen; Theo Bongonda (Diemerci N'Dongala), Sander Berge, Bryan Heynen, Junya Ito; Mbwana Samatta; Paul Onuachu (Stephen Odey)
Pelatih: Felice Mazzu

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; James Milner, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Joe Gomez); Fabinho, Alex Oxlade-Chamberlain (Georginio Wijnaldum), Naby Keita; Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino (Divock Origi)
Pelatih: Juergen Klopp

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019