Liga Champions

Napoli jaga puncak Grup E usai atasi Salzburg

Napoli jaga puncak Grup E usai atasi Salzburg

Penyerang Napoli Lorenzo Insigne (kanan) melakukan selebrasi bersama Dries Mertens seusai mencetak gol ke gawang Red Bull Salzburg dalam lanjutan penyisihan Grup E Liga Champions di Stadion Red Bull Arena Salzburg, Austria, Rabu (23/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Leonhard Fueger)

Jakarta (ANTARA) - Napoli menjaga posisi puncak Grup E Liga Champions seusai mengatasi tuan rumah Red Bull Salzburg 3-2 dalam laga lanjutan penyisihan grup di Stadion Red Bull Arena, Salzburg, Austria, Rabu setempat (Kamis dini hari WIB).

Kemenangan tersebut memastikan Napoli bertahan di puncak klasemen dengan koleksi tujuh poin, mengungguli Liverpool (6) yang menang di markas tim juru kunci Genk (1), demikian catatan laman resmi UEFA.

Sementara Salzburg (3) seolah kehilangan sentuhan magis yang mereka perlihatkan di pekan pertama dan tertahan di urutan ketiga klasemen setelah menelan dua kekalahan beruntun.

Baca juga: Dries Mertens tegaskan ingin lebih lama bersama Napoli

Dries Mertens mengemas dwigol untuk membantu kemenangan Napoli yang dipastikan berkat gol ketiga yang dicetak Lorenzo Insige.

Sebaliknya, remaja sensasional Erling Haaland juga mencetak dua gol, meski tak cukup untuk menyelamatkan Salzburg dari kekalahan.

Jika saja gol cepat Haaland pada awal laga tak dianulir oleh wasit Clement Turpin dan VAR, ia akan meninggalkan pertandingan dengan catatan trigol.

Gol tersebut tercipta saat laga baru berusia delapan menit saat Haaland berdiri di posisi tepat untuk menyambar bola liar hasil tembakan Enock Mwepu yang membentur beberapa pemain Napoli. Namun, setelah meninjau tayangan ulang VAR, wasit Turpin menganulir gol itu karena Haaland berada dalam posisi offside.

Kurang dari sepuluh menit setelah gol Haaland dianulir, gawang Salzburg malah kebobolan saat Mertens menerima umpan cepat Jose Callejon sebelum mencetak gol dari sudut sempit demi membawa Napoli unggul pada menit ke-17.

Kendati tertinggal, Salzburg terus menekan Napoli meski dua peluang Haaland berhasil diantisipasi kiper Alex Meret yang kemudian juga sukses mementahkan tembakan Patson Daka. Kondisi mereka kian dirugikan karena kiper Cican Stankovic harus ditarik keluar karena cedera digantikan Carlos pada menit ke-33.

Pada menit ke-39, Salzburg mendapat hadiah tendangan penalti setelah Hwang Hee-chan dijatuhkan oleh Kevin Malcuit dan Haaland memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk memperdaya Meret sekaligus menyamakan kedudukan 1-1 hingga babak pertama usai.

Baca juga: Juventus dan Napoli berebut Erling Haaland

Napoli kembali memimpin pada menit ke-64 berkat gol kedua Mertens yang dicetak legiun Belgia itu dengan penyelesaian jarak dekat di area tiang jauh memanfaatkan umpan kiriman Malcuit.

Salzburg kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-72 kala umpan silang Zlatko Junuzovic berhasil jatuh ke Haaland yang berdiri bebas demi menanduknya ke dalam gawang.

Namun, Napoli segera membalas lagi demi merestorasi keunggulan mereka semenit kemudian. Insigne menerima umpan mendatar dari Mertens sebelum diselesaikan menaklukkan kiper pengganti Carlos.

Gol itu membuat Napoli memilih untuk menebalkan pertahanan mereka demi menjaga skor 3-2 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca juga: Oxlade-Chamberlain dua gol, Liverpool bungkam Genk 4-1

Baca juga: Batshuayi pilihan tepat, tutur Lampard


Susunan pemain:

Red Bull Salzburg (4-4-2): Cican Stankovic (Carlos); Rasmus Kristensen, Maximilian Wober, Andre Ramalho, Andreas Ulmer; Patson Daka (Majeed Ashimeru), Enock Mwepu (Sekou Koita), Zlatko Junuzovic, Takumi Minamino; Hwang Hee-Chan, Erling Haaland
Pelatih: Jesse Marsch

Napoli (4-4-2): Alex Meret; Kevin Malcuit, Kalidou Koulibaly, Sebastiano Luperto, Giovanni Di Lorenzo; Jose Callejon (Eljif Elmas), Allan, Fabian Ruiz, Piotr Zielinski; Hirving Lozano (Lorenzo Insigne), Dries Mertens (Fernando Llorente)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Baca juga: Leipzig bangkit tundukkan Zenit 2-1

Baca juga: Hasil Liga Champions: hujan gol warnai pekan ketiga Grup A-D

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar