Dinkes: 11 kabupaten di Papua bebas penyakit kaki gajah

Dinkes: 11 kabupaten di Papua bebas penyakit kaki gajah

Warga Burukmakot, Papua minum obat kaki gajah secara bersama-sama. ANTARA/Musa Abubar

Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan  Provinsi Papua menyatakan  11 kabupaten di provinsi itu sudah eliminasi atau bebas dari penyakit filariasis atau kaki gajah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Papua, dr Aaron Rumainum di Jayapura, Kamis, menjelaskan 11 kabupaten yang sudah selesai pemberian obat kaki gajah dan sudah dinyatakan bebas di antaranya Kabupaten Merauke, Kabupaten Jayapura, Keerom, Boven Digoel, Mappi dan Supiori.

Lanjut dia, bersama dengan enam kabupaten lain yang belum ditemukan kaki gajah seperti Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Yalimo, Paniai, Dogiyai dan Deiyai itu melakukan pemberian obat massal kecacingan pada Februari dan Agustus bersamaan dengan pemberian obat vitamin A.
Baca juga: Pemberian obat filariasis Papua Barat lampaui target
Baca juga: Memberantas penyakit kaki gajah


Satu Kabupaten di Papua sudah menuju eliminiasi atau bebas kaki gajah/filariasis yaitu Kabupaten Marauke.

"Itu artinya setelah pemberian obat massal kaki gajah ini, lima tahun selesai mereka akan periksa anak-anak sekolah dasar dengan mengambil sampel darahnya untuk memeriksa cacicing filariasisi, dan ternyata sampel darahnya tidak ada," katanya.

Aaron mengatakan, Kabupaten Jayapura juga sementara menyusul eliminasi atau lulus kaki gajah ditahun ini.

Baca juga: Dinkes: angka kasus filariasis di Mimika tinggi
Dua tahun lagi pemeriksaan terhadap anak-anak terkait cacing filariasis, dan itu dilakukan terus menerus tiap dua tahun.
"Jadi untuk mencapai target itu tidak bisa kita tipu, saya punya target sudah lebih dari enam persen, tidak bisa demikian karena itu dibuktikan melalui pemeriksaan darah," ujarnya.

Ia menambahkan, ada tiga kabupaten yang juga sedang menyusul eliminasi kaki gajah yakni Kabupaten Supiori, Boven Digoel dan Kabupaten Mappi.

"Ketiga kabupaten ini sudah benar-benar melakukan pembagian obat kaki gajah dan sekarang mereka juga suda mulai sedang menuju ke proses eliminasi kaki gajah," ujarnya.
Baca juga: Pemkab Biak canangkan minum obat Filariasis cegah penyakit kaki gajah

PNS Papua Minum Obat Cegah Kaki Gajah

 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar