Tahun 2029 target UMS menjadi "World Class University"

Tahun 2029 target UMS menjadi "World Class University"

Rektor UMS Sofyan Anif pada Sidang Senat Terbuka Hari Jadi ke-61 UMS di Solo, Jateng, Kamis (24/10/2019). (FOTO ANTARA/Aris Wasita)

Dengan berpredikat sebagai "World Class University" maka UMS akan mendapatkan ruang yang makin lebar sebagai perguruan tinggi yang dapat memberikan kontribusi riil terhadap berkembangnya peradaban dunia
Solo (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jawa Tengah menargetkan predikat "World Class University" pada tahun 2029 dengan terus meningkatkan kualitas pendidikan.

"Jika dilihat dari 'milestone' (tonggak sejarah) perjalanan visi tersebut maka pada tahun 2017 yang lalu sampai dengan tahun 2021 mendatang, UMS diharapkan menjadi perguruan tinggi yang makin mendapatkan kepercayaan dan pengakuan baik nasional maupun dalam kancah internasional," kata Rektor UMS Sofyan Anif pada Sidang Senat Terbuka Hari Jadi ke-61 UMS di Solo, Kamis.

Ia mengatakan dengan berpredikat sebagai "World Class University" maka UMS akan mendapatkan ruang yang makin lebar sebagai perguruan tinggi yang dapat memberikan kontribusi riil terhadap berkembangnya peradaban dunia yang dinamis dan berkemajuan.

Sejauh ini, katanya, UMS telah memperoleh kepercayaan dari masyarakat luas, terlihat dari animo mahasiswa yang mendaftarkan diri ke UMS terus meningkat setiap tahunnya.

Berdasarkan data, dikatakannya, jumlah total mahasiswa yang lolos tes dan registrasi untuk jenjang S1, S2, dan S3 tahun 2017 sebanyak 8.103 mahasiswa.

Ia mengatakan angka tersebut meningkat pada tahun 2018 menjadi 9.191 mahasiswa dan tahun 2019 menjadi 9.754 mahasiswa.

"Rata-rata kenaikannya 13 persen pada tahun 2017 ke tahun 2018 dan 6 persen tahun 2018 ke tahun 2019. Termasuk jumlah mahasiswa asing kami sampai tahun 2019 berjumlah 128 orang, sedangkan jumlah 'student mobility' sebanyak 166 mahasiswa," katanya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi era revolusi industri 4.0, pihaknya mengembangkan model pembelajaran jarak jauh.

"Jadi ke depan sistem pembelajaran yang dikembangkan berbasis 'student center', bukan lagi 'lecture center'. Pada tanggal 26 Oktober nanti kami juga akan melakukan peluncuran 'Universitas Cyber Muhammadiyah', demikian Sofyan Anif.

Baca juga: UMS kejar misi universitas berkelas dunia

Baca juga: Rumah Sakit Gigi dan Mulut Hj Soelastri resmi dbuka UMS

Baca juga: ICMI ajak UMS kendalikan perilaku seks menyimpang

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Beras dan gula di Bulog Solo aman selama pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar