Kominfo siapkan infrastruktur "smart city" ibu kota baru

Kominfo siapkan infrastruktur "smart city" ibu kota baru

Menkominfo Johnny G Plate bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika yang baru dilantik Johnny G Plate menyatakan akan menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk ibu kota baru di Kalimantan Timur.

"Ibu kota baru nanti harus smart city, karena itu basis infrastruktur teknologinya harus betul-betul kuat, harus disiapkan," kata Johnny di Kominfo, Kamis.

Kominfo menjanjikan akan membangun infrastruktur telekomunikasi digital yang baik dan besar untuk mendukung konsep smart city di ibu kota baru di Kalimantan.

Johnny menyetujui konsep smart city pada ibu kota baru di Kalimantan Timur karena smart city merupakan basis ibu kota modern.

Baca juga: Menkominfo baru, operator seluler harap pungutan tidak naik

Baca juga: Menkominfo Johnny G Plate harap Indonesia punya hectocorn


"Apalagi dilengkapi dengan ibu kota yang hijau atau Forest City," kata Johnny.

Presiden Joko Widodo, menjelang akhir masa jabatannya di periode pertama, pada Agustus lalu menetapkan ibu kota baru Indonesia akan berada di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegegara.

Kalimantan Timur terpilih sebagai ibu kota baru karena memenuhi sejumlah kriteria kebutuhan kawasan ibu kita yaitu minim risiko bencana, lokasi strategis di tengah Indonesia dan berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, Balikpapan dan Samarinda.

Kalimantan Timur juga memiliki infrastruktur yang lengkap dan tersedia lahan yang dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar.

Baca juga: Menkominfo Johnny prioritaskan undang-undang yang tertunda

Baca juga: Menkominfo Johnny belum putuskan soal wakil menteri

Baca juga: SAFEnet harap Menkominfo Johnny G Plate selesaikan UU PDP

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menkominfo Ingin RUU PDP dan Penyiaran segera disahkan DPR

Komentar