Garut (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan, kebakaran hutan melanda seluruh gunung di Garut, Jawa Barat, sejak Kamis pagi hingga menjelang malam kobaran api masih menyala.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan membenarkan, beberapa titik kebakaran tersebar di kawasan gunung yang mengitari perkotaan Garut.

"Garut dikelilingi kebakaran hutan hari ini Kamis," kata Tubagus.

Ia mengatakan, kebakaran hutan terjadi di Gunung Cikuray di Kecamatan Cilawu, Gunung Putri di Kecamatan Tarogong Kaler, Gunung Guntur, Gunung Karacak, Gunung Haruman, dan Gunung Nangkaruka di Kecamatan Pakenjeng. Beberapa titik areal hutannya terbakar, hingga pukul 19.00 WIB masih ada beberapa titik api yang belum bisa dipadamkan.

Baca juga: Hutan Gunung Papandayan di Garut terbakar

"Masih menyala sampai sekarang," kata Tubagus.

Ia menyampaikan, petugas BPBD Garut dan instansi lainnya sudah terjun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Terkait luas lahan yang terbakar, kata dia, masih dilakukan pendataan, saat ini petugas masih berupaya untuk memadamkan kobaran api di kawasan gunung itu.

"Belum (data lahan terbakar) anak-anak (petugas) lagi memantau," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya kebakaran juga melanda areal hutan Gunung Masigit di Kecamatan Cikajang, dan Hutan Sancang di Kecamatan Cibalong, Rabu (23/10) malam.

Baca juga: Hutan Gunung Guntur di Garut kembali terbakar

Peristiwa kebakaran di daerah itu, kata dia, sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

"Kurang lebih di Masigit lahan yang terbakar 3 hektare," katanya.

Kebakaran hutan di Gunung Putri dan Gunung Guntur terlihat jelas oleh warga sekitar kaki gunung tersebut dan perkotaan Garut termasuk di wilayah Kecamatan Samarang.

Seorang warga Kampung Lengkong Kaler, Desa/Kecamatan Samarang, Ningrum mengatakan, kobaran api di gunung cukup jelas terlihat saat malam hari.

Sebelumnya saat siang hari, kata dia, sudah terlihat kepulan asap di kawasan Gunung Putri, hingga malam hari kebakaran masih terus terjadi.

"Dari sini kelihatan kebakaran yang terjadi di Gunung Guntur, Cikuray, sama gunung yang ada di Cilawu," kata Ningrum.

Baca juga: Hutan wisata Gunung Guntur di Garut terbakar

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019