Padang, (ANTARA) - Tim tuan rumah Semen Padang FC dikalahkan oleh tamunya Persipura Jayapura dengan skor 1-2 dalam lanjutan pekan ke-24 kompetisi Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim Kota Padang, Kamis

Dua gol Persipura Jayapura dicetak oleh Boaz Salossa pada menit ke-37 dan Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-77. Sementara gol balasan tuan rumah dicetak Karl Max Berthelamy pada menit ke-15.

Sejak awal laga tim berjuluk "Kabau Sirah" menyerang pertahanan tim tamu. Kolaborasi Irsyad Maulana, Vanderlei, Karl Max dan Dedi Hartono berupaya membuka pertahanan Persipura Jayapura.

Upaya tersebut berhasil membuahkan gol pada menit ke-15 setelah Dedi Hartono menyisir sisi kiri pertahanan Persipura dan melepaskan umpan ke kotak penalti tim berjuluk Mutiara Hitam.

Pemain bertahan Persipura gagal menghalau bola tersebut langsung disepak oleh Karl Max Berthelamy yang berdiri bebas masuk ke dalam gawang Dede Sulaiman.

Gol tersebut membuat suporter Semen Padang bersorak sorai menyambut gol pertama dalam laga ini dan membuat tuan rumah unggul 1-0.

Unggul satu gol, tuan rumah semakin bersemangat menyerang tim tamu. Semen Padang terus membuat peluang mencetak gol namun usaha mereka terus gagal.

Baca juga: Semen Padang tidak ingin tergelincir lagi di kandang

Sementara Persipura Jayapura yang tertinggal mencoba keluar dari tekanan mengandalkan kecepatan pemain depan mereka.

Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta pada menit ke-37 melalui Boaz Salossa setelah terjadi kemelut di depan gawang Teja Paku Alam.

Boaz yang berdiri bebas menembak bola dengan tenang dan merobek jala gawang Semen Padang.

Gol itu membuat kedudukan sama kuat 1-1. Mental anak-anak Persipura langsung bangkit dan mereka berusaha menguasai jalannya laga.

Semen Padang berusaha melakukan serangan balik cepat melalui Dedi Hartono namun hingga berakhirnya babak pertama kedudukan masih 1-1 untuk kedua tim.

Baca juga: Persipura janjikan bermain terbuka hadapi Semen Padang

Pada babak kedua, tuan rumah kembali berinisiatif menyerang dan merepotkan pertahanan tim tamu.

Upaya mereka menambah gol terlihat dari serangan yang digencarkan barisan depan tim "Kabau Sirah".

Semen Padang memasukkan Vendry Mofu menggantikan Irsyad Maulana untuk menambah daya serang tim.

Sementara Persipura memasukkan Titus Bonai dan menarik Gunansar Mandowen untuk menambah kekuatan.

Persipura yang tertekan berupaya keluar dan menguasai laga. Mereka berhasil menguasai laga dan Boaz Salossa memiliki peluang emas namun menghasilkan gol.

Baca juga: Jacksen F Tiago puji kualitas rumput Stadion Haji Salim

Persipura berhasil unggul melalui tendangan bebas Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-78. Pemain Persipura yang dijatuhkan di sisi kanan kotak penalti dan wasit memberikan tendangan bebas

Rivaldo Ferre menembak keras bola dan meluncur ke gawang Teja Paku Alam dan mengubah kedudukan jadi 2-1 untuk tim tamu.

Semen Padang langsung bereaksi dan memasukkan Boas Atururi dan Mariando Djonak menggantikan Dedi Hartono dan Leo Guntara untuk menyamakan kedudukan.

Beberapa kesempatan didapatkan oleh Karl Max dan Vanderlei namun belum mampu menghasilkan gol.

Persipura mengganti pemain mereka Boaz Saloosa dan Ian Louis Kabes dengan memasukkan Immanuel Wanggai dan Ronaldo Mesido.

Hingga babak kedua berakhir Persipura mempertahankan keunggulan mereka atas Semen Padang 2-1.

Hasil ini membuat Semen Padang betah berada di zona degradasi dengan 22 poin dari 24 laga.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019