Badung (ANTARA) - Maskapai penerbangan nasional Vietnam, Vietnam Airlines membuka penerbangan langsung (direct flight) dengan rute Denpasar, Bali menuju Bali-Ho Chi Minh, Vietnam.

"Hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam makin erat, sehingga kami berharap pembukaan rute baru ini dapat mengakomodasi kebutuhan konektivitas penumpang antara Indonesia dan Vietnam," ujar General Manager Vietnam Airlines untuk Indonesia, Nguyen Minh Toan, di Kuta, Badung, Bali, Kamis.

Rute baru yang akan mulai dibuka pada 27 Oktober 2019 mendatang itu, akan melayani penumpang sebanyak lima kali dalam seminggu, kecuali hari Rabu dan Sabtu.

Baca juga: Potensi penjualan paket wisata Indonesia di Vietnam capai Rp204 miliar

Pada rute tersebut, penerbangan akan dilayani dengan pesawat Airbus 321 berkapasitas tempat duduk 240 penumpang dengan kode penerbangan VN 640 untuk rute Denpasar-Ho Chi Minh City dan VN 641 untuk rute Ho Chi Minh City-Denpasar.

Pesawat Vietnam Airlines dari Denpasar ke Ho Chi Minh, akan terbang pada pukul 16.50 Wita, sedangkan untuk penerbangan rute sebaliknya akan terbang pada pukul 11.10 waktu setempat.

"Jadwal penerbangan kami lima kali seminggu. Rencananya dalam beberapa waktu ke depan kami akan berencana menambah jumlah penerbangan menjadi setiap hari," kata Nguyen Minh Toan.

Baca juga: KJRI Ho Chi Minh City promosikan pariwisata "Bali & Beyond"

Ia berharap, rute baru tersebut dapat memfasilitasi kebutuhan transportasi dan menambah pilihan penerbangan bagi para penumpang asal Indonesia untuk menuju ke Vietnam dan juga sebaliknya.

"Kami ingin memfasilitasi para penumpang Indonesia untuk ke Vietnam dan menikmati negeri kami yang indah, begitu pula sebaliknya kami ingin warga Vietnam dapat menikmati keindahan yang dimiliki Indonesia, khususnya di Bali," katanya.

Untuk menarik para calon penumpang, ia menambahkan, harga tiket rute baru Denpasar-Ho Chi Minh, pergi-pulang (PP) dijual dengan harga promo mulai dari Rp999 ribu.

Nguyen menegaskan, pihaknya sangat optimis rute baru tersebut akan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan bagi masing-masing negara.

"Potensi permintaan dari rute ini cukup tinggi karena kebutuhan transportasi antara Bali dan Ho Chi Minh sangat besar. Menurut kami potensi tersebut akan dapat kami kembangkan," katanya.

Sebelumnya, maskapai lain asal Vietnam, Vietjet Air, juga membuka rute Bali-Ho Chi Minh pada bulan Mei yang lalu.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019