Jalan tol Kalsel-Kaltim juga segera dibangun

Jalan tol Kalsel-Kaltim juga segera dibangun

Ketua Komisi III DPRD Kalsel H Sahrujani. ANTARA/Syamsuddin Hasan/am.

Bukan cuma jalan tol, tetapi pemerintah pusat juga mau menjadikan Banjarmasin sebagai Kota Metropolitan
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah pusat akan membangun jalan tol atau bebas hambatan antara Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel)-Tanah Grogot-Panajam, Kalimantan Timur (Kaltim).

Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel H Sahrujani mengemukakan itu di Banjarmasin, Jumat, sesudah komisinya bertemu/berkonsultasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.

Ia menerangkan, rencana pembangunan jalan tol di wilayah timur bagian selatan Pulau Kalimantan atau Borneo itu seiring dengan perencanaan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Panajam Kaltim.

Baca juga: Presiden pastikan tol Balikpapan-Samarinda selesai 85,7 persen

"Bukan cuma jalan tol, tetapi pemerintah pusat juga mau menjadikan Banjarmasin sebagai Kota Metropolitan dan Kalsel menjadi penyangga pangan IKN nanti," tutur politikus Partai Golkar itu mengutip keterangan dari Bappenas.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu menjelaskan, dalam konsultasi dengan Bappenas tersebut membicarakan berbagai pembangunan dan infrastruktur di provinsinya.

"Yang kita bicarakan dengan Bappenas dan meminta perhatian/bantuan pemerintah pusat antara lain pembangunan Jembatan Selat Pulau Laut Kotabaru. Kotabaru ini berada di paling timur provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut," ujarnya.

Baca juga: Bank Muamalat ikut sindikasi pembiayaan jalan tol Kalimantan

Selain itu, peningkatan atau pengembangan Bandara Warukin Tunjung (sekitar 236 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Tabalong, kabupaten paling utara Kalsel yang berbatasan dengan Kaltim.

Hal itu karena "Bumi Saraba Kawa" Tabalong bukan cuma berbatasan dengan Kaltim, tetapi lebih dari itu, merupakan tetangga dekat dengan rencana IKN, lanjut mantan Ketua DPRD HSU tersebut menjawab Antara Kalsel.

"Oleh sebab itu, saya kira wajar sebagai daerah penyangga atau yang berdekatan dengan IKN perlu peningkatan dan pengembangan Bandara Warukin (bandara peninggalan perusahaan minyak/maskapai Belanda," demikian Sahrujani.

Baca juga: Presiden jalan kaki susuri proyek tol Kalimantan

Kedua Kabupaten, Kotabaru dan Tabalong yang berbatasan dengan Kaltim itu juga memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup potensial seperti bidang pertambangan dan pertanian secara umum.

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kilas Balik 2019 - Desember: Dari prestasi Indonesia di SEA Games 2019 hingga peresmian tol pertama Kalimantan

Komentar