Tantangan terbesar Bahlil adalah bagaimana mengalahkan Vietnam untuk urusan investasi. Vietnam dulu jauh di bawah kita. Sekarang dia di atas kita. Iklim investasinya sudah 'sophisticated'.
Jakarta (ANTARA) - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) optimistis Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) baru Bahlil Lahadalia mampu mengalahkan Vietnam soal iklim investasi.

"Kami optimistis Bahlil punya jurus dalam mengembalikan keadaan. Beliau banyak akalnya dan selalu berpikir 'out of the box'," kata Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi Mardani H Maming dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, salah satu tugas terberat Bahlil adalah mengalahkan Vietnam soal iklim investasi. Iklim investasi di Indonesia dinilai kurang bersaing akibat banyaknya regulasi dan tumpang tindihnya aturan.

"Tantangan terbesar Bahlil adalah bagaimana mengalahkan Vietnam untuk urusan investasi. Vietnam dulu jauh di bawah kita. Sekarang dia di atas kita. Iklim investasinya sudah 'sophisticated'," ucap dia.

Baca juga: Ketua Umum HIPMI optimistis dengan Kabinet Indonesia Maju

Maming mengatakan, salah satu penyebab rendahnya realisasi investasi yakni minimnya efisiensi dalam perekonomian dan biaya investasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan tingginya "incremental capital-output ratio" atau ICOR Indonesia dibandingkan negara-negara lain.

"ICOR Indonesia 6,6. Vietnam dan negara Asia Tenggara lainnya memiliki ICOR di kisaran 3-4," paparnya.

Bahlil Lahadalia merupakan Ketua Umum Hipmi untuk periode 2015-2019. Saat ini, Bahlil menjabat sebagai Kepala BKPM dalam kabinet Indonesia Maju 2019-2024 menggantikan pejabat sebelumnya Thomas S Lembong.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memberikan pesan kepada 34 orang menteri dan 4 orang pejabat setingkat menteri untuk selalu mengecek masalah di lapangan dan menemukan solusinya.

"Semua harus serius dalam bekerja, saya pastikan yang tidak serius bekerja, yang tidak sungguh-sungguh, hati-hati bisa saya copot di tengah jalan," ungkap Presiden di tangga Istana Merdeka Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Baca juga: Hipmi harapkan Bahlil berani buat regulasi libatkan pengusaha muda

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019