Kupang (ANTARA) - Markas Komando Brigadir Infanteri (Brigif) 21/Komodo, Nusa Tenggara Timur mengelar lomba renang Komodo Open 2019 yang diikuti 200 orang peserta dalam rangka HUT TNI, hari Sumpah Pemuda serta hari Pahawan.

Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jerry Manafe ketika membuka kegiatan lomba renang bertempat di Kolam Renang Yonif 743/PSY di Naibonat, Jumat mengapresiasi terhadap gagasan Brigif 21/Komodo yang telah mengelar kegiatan lomba renang yang pertama kali dilaksanakan di kabupaten itu.

"Pemerintah Kabupaten Kupang mengapresiasi TNI AD khususnya Brigif 21/Komodo yang mengelar lomba renang ini. Lomba renang memiliki manfaat yang positif dalam mendukung percepatan pembangunan kesehatan. Lomba renang ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Kupang," kata Jerry Manafe.

Baca juga: TNI AL gelar lomba renang 9,3 km di Batam

Ia mengatakan, melalui lomba renang akan memberikan motivasi terhadap atlet-atlet renang di Kabupaten Kupang untuk menguji kemampuan dalam meningkatkan prestasi olah raga khususnya cabang olahraga renang baik di tingkat daerah maupun nasional.

Menurut Jerry Manafe, lomba renang menjadi wadah untuk memupuk rasa persahabatan dan persaudaraan sesama atlet dan siswa serta membantu pemerintah daerah ini dalam pembinaan prestasi renang bagi para atlet cabang olahraga renang.

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Kupang itu, keberadaan fasilitas kolam renang milik TNI di Naibonat dapat dimanfaatkan untuk kegiatan latihan renang bagi warga di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste ini apabila ingin masuk menjadi prajurit TNI.

"Kolam renang milik TNI AD ini memiliki standar kolam renang yang bagus dan luas yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi wisata. Kami berharap fasilitasnya perlu dilengkapi lagi sehingga semakin banyak masyarakat yang datang berwisata ke daerah ini," kata Jerry Manafe.

Sementara itu ketua panitia lomba renang Kapten Infanteri Bagas Fismagatra Praja dalam laporannya mengatakan Brigade Infanteri 21/Komodo merupakan satuan di NTT yg memiliki fasilitas latihan berupa kolam renang yang dapat dimanfaatkan secara luas untuk masyarakat khususnya bagi pengembangan minat dan bakat renang generasi muda.
Para peserta lomba renang Komodo Open 2019 sedang berlomba di kolam renang milik TNI AD di Naibonat, Jumat (25/10/2019). (Antara/ Benny Jahang)


Ia mengatakan, Brigif 21/Komodo bekerjas ama dengan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi NTT dan PRSI Kota Kupang menyelenggarakan Kejuaraan renang perseorangan Komodo Open dan renang militer yang diikuti sekitar 200 orang peserta.

Ia mengatakan lomba renang Komodo Open 2019 diikuti peserta tingkat SD sebanyak 57 orang, tingkat SMP 21 orang dan SMA sebanyak 39 orang.

Sedangkan peserta dari kalangan mahasiswa diikuti 42 orang dan TNI/Polri 86 orang.

Pembukaan lomba renang Komodo 2019 dihadiri Dandim 1604/Kupang,Kolonel (Arh) I Made Kusuma Dhyana Graha, Danbrigif 21/Komodo Kolonel (Inf) Sutrisno Pujiono. 

Baca juga: 300 perenang lomba lintasi Selat Sunda, perebutkan hadiah mobil

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019