Alue Dohong, orang Dayak pertama duduk di kabinet

Alue Dohong, orang Dayak pertama duduk di kabinet

Calon Wakil Menteri LHK Alue Dohong melambaikan tangan usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama.

Jakarta (ANTARA) - Alue Dohong mengaku bahagia setelah ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai wakil menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena merupakan orang Dayak pertama yang duduk di kabinet.

"Dalam sejarah Indonesia merdeka, ini orang dayak pertama di kabinet. Jadi saya yakin kalau takdir jadi wakil menteri, ini jadi kebahagiaan suku Dayak di Kalimantan," kata Alue saat konferensi pers usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat.

Dia mengaku bahwa saat dipanggil, Presiden Jokowi mengajak berdiskusi masalah kehutanan dan rehabilitasi lahan.

"Juga terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur yang berkonsep semakin banyak didiskusikan," katanya.

Alue Dohong merupakan Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) yang menjabat sejak 2016.

Ia berdarah Dayak Alue dan mengajar Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup di Universitas Palangkaraya. Sebelum berkiprah di BRG, Alue mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Presiden Jokowi segera lantik wakil menteri

Baca juga: Sebanyak 12 calon Wamen merapat ke Istana

Baca juga: Mahendra Siregar ditunjuk jadi wakil menteri luar negeri

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden perkenalkan latar belakang 12 wamen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar