Ini harapan pengemudi ojek daring Stasiun Manggarai

Ini harapan pengemudi ojek daring Stasiun Manggarai

Pengendara ojek daring mengantar penumpang dari selter ojek daring di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Rabu (14/8/2019). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/ama).

Kalau benar diadakan penataan, dibuatlah tempat khusus untuk kami (pengemudi ojek daring)
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengemudi ojek daring di sekitar Manggarai berharap adanya selter untuk penjemputan dan penurunan penumpang, menyusul rencana penataan kawasan itu pada 2021 menjadi Stasiun Sentral.

"Kalau benar diadakan penataan, dibuatlah tempat khusus untuk kami (pengemudi ojek daring), kalau seperti sekarang ya macet juga karena banyak orang lalu lalang keluar masuk stasiun. Tapi bagaimana, kami pun terpaksa," kata Tama Pratama, salah satu pengemudi ojek daring yang ditemui Antara di depan Stasiun Manggarai, Jakarta, Jumat.

Selain Tama, pengemudi ojek daring lainnya, Raga Surya mengharapkan hal yang serupa yaitu keberadaan selter bagi ojek daring.

"Kan jadinya sama- sama enak kalau ojek daring ada selternya, kayak yang di Stasiun Sudirman tuh. Ya padatnya cuma di dalam selter sehingga tidak membuat macet," kata Raga.

Baca juga: PKL Stasiun Manggarai berharap direlokasi

Raga mengatakan kondisi jalan di depan Stasiun Manggarai saat ini sering terhambat terutama saat jam sibuk di pagi dan sore hari.

Kemacetan tersebut akibat banyaknya ojek daring yang menunggu untuk menjemput penumpang di Stasiun Manggarai.

Senada dengan Tama dan Raga, pengemudi ojek daring lainnya Rahmat Setiadi menginginkan agar selter khusus ojek daring direalisasikan jika penataan Stasiun Manggarai akan menjadi Stasiun Sentral.

Penataan Stasiun Manggarai sebagai stasiun sentral rencananya akan dilakukan terhadap pedagang kaki lima dan kendaraan ojek daring yang mangkal di depan Stasiun Manggarai.

Baca juga: Pengamat: Pemindahan fungsi ke Stasiun Manggarai perlu dikaji ulang

Meski demikian, masih banyak pedagang yang tidak mengetahui rencana PT Kereta Api Indonesia (KAI) terkait penataan tersebut.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia akan menjadikan Stasiun Manggarai sebagai Stasiun Sentral pada 2021.

Nantinya, Stasiun Manggarai akan melayani penumpang kereta api jarak jauh dan fungsi dari Stasiun Gambir akan kembali menjadi stasiun untuk penumpang KA commuter line.

Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Supandi membenarkan penertiban di kawasan Stasiun Manggarai menjelang rencana Stasiun Sentral agar mempermudah akses keluar masuk penumpang.

Baca juga: Kemenhub nilai Manggarai ideal jadi stasiun KA sentral

"Koordinasi kita lakukan terus, terkait penertiban, dengan RT/RW kelurahan dan kecamatan terus dilakukan penertiban berbasis dialog dan musyawarah,” kata Supandi, Rabu (9/10).

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Rencana fasilitas di pusat stasiun Manggarai

Komentar