Jakarta (ANTARA) - Stadion Anfield di kota Liverpool, Inggris, bakal menggelar ulangan partai final Liga Champions musim lalu antara Liverpool menghadapi Tottenham Hotspur pada Minggu (27/10) sebagai bagian rangkaian jadwal Liga Inggris pekan ke-10.

Pada awal Juni lalu, Liverpool bisa keluar sebagai pemenang dan menjuarai Liga Champions, sekaligus menjadi kemenangan ketiga beruntun atas Tottenham dalam tiga pertemuan di semua kompetisi. Dalam 10 pertemuan terakhir, Liverpool menang lima kali, Tottenham sekali dan sisanya imbang.

Baca juga: Liverpool dominasi nominee Ballon d'Or dengan tujuh nama

Situasi terkini jelas akan menempatkan Liverpool dalam posisi yang lebih diunggulkan, sebab mereka belum terkalahkan dalam sembilan pertandingan awal musim dan cuma sekali gagal menang, namun kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 25 poin.

Sebaliknya Tottenham yang kini menempati peringkat ketujuh dengan 12 poin gagal menang di dua laga Liga Inggris terakhirnya dan menjalani musim yang tak ubahnya wahana roller coaster, termasuk di kompetisi lain semisal dilumat Bayern Muenchen 2-7 untuk kemudian mencukur Red Star Belgrade 5-0 dalam selang waktu tiga pekan.

Dari segi permainan, Liverpool juga diuntungkan dengan kembalinya kiper utama Alisson Becker serta penyerang Mohamed Salah. Lini tengah juga jadi pilihan mewah bagi manajer Juergen Klopp, apakah menerapkan kombinasi yang lebih familiar dalam diri Jordan Henderson dan Georginio Wijnaldum atau Alex Oxlade-Chamberlain dan Naby Keita di hadapan gelandang jangkar andalan Fabinho.

Baca juga: Mauricio Pochettino siap dipecat bila performa Tottenham tidak membaik

Bagi Tottenham, pembelian termahal mereka Tanguy NDombele masih memperlihatkan penampilan yang belum konsisten meski tentunya menjanjikan. Sementara kiper pelapis Paulo Gazzaniga bisa jadi sasaran tembak karena absennya kiper utama sekaligus kapten Hugo Lloris hingga tahun depan.

Laga di Anfield besok jelas tak akan diwarnai sebuah trofi diperlihatkan di tepi lapangan untuk diperebutkan, namun Liverpool butuh tiga poin penuh untuk melanjutkan kepemimpinan mereka di puncak klasemen sedangkan manajer Mauricio Pochettino jelas membidik hasil positif demi mengamankan jabatannya di Tottenham.

Upaya memangkas jarak...

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019