Liga Belanda

Jadwal Liga Belanda: De Klassieker ujian Ajax mantapkan posisi puncak

Jadwal Liga Belanda: De Klassieker ujian Ajax mantapkan posisi puncak

Penyerang sayap Ajax David Neres (kedua kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang ADO Den Haag dalam lanjutan Liga Belanda di Stadion Cars Jeans, Den Haag, Belanda, Minggu (6/10/2019). ANTARA/Twitter/@AFCAjax/aa.

Jakarta (ANTARA) - Laga De Klassieker yang menjadi rangkaian jadwal Liga Belanda pekan ke-11 tak ubahnya ujian bagi Ajax memantapkan posisi mereka di puncak klasemen.

Menilik dari hasil terakhir kedua tim di Liga Belanda, Ajax jelang akan lebih diunggulkan kala menjamu Feyenoord di Johan Crujff Arena, Amsterdam, Minggu (28/10).

Baca juga: Klasemen Liga Belanda: Ajax mantap di pucuk lantaran PSV terperosok

Namun, tengah pekan lalu baik Ajax maupun Feyenoord sama-sama menelan kekalahan dalam kiprah mereka di Eropa. Ajax dipecundangi tamunya dari Inggris Chelsea di Liga Champions, sedangkan Feyenoord tersungkur dalam lawatan ke markas klub Swiss BSC Young Boys di Liga Europa.

Kemenangan dalam De Klassieker jelas akan menjadi pengobat luka yang tengah dialami Ajax dan Feyenoord.

Sepanjang musim, Ajax tampil jauh lebih meyakinkan di bawah kepelatihan Erik ten Hag dibandingkan Feyenoord yang sepertinya masih di fase adaptasi bersama Jaap Stam.

Baca juga: Jaap Stam: Posisi kesepuluh tidak pantas bagi Feyenoord

Yang jelas, bagi Ajax kemenangan akan membuat mereka mantap di puncak klasemen dengan koleksi 29 poin, sedangkan Feyenoord yang saat ini cuma punya 14 poin tentu ingin segera meninggalkan papan tengah dan bersaing di kalangan elit.

PSV harus balik jalur

Pekan lalu, kekalahan mengejutkan dalam lawatan ke FC Utrecht membuat PSV Eindhoven kini terpaut tiga poin dari Ajax.

Oleh karena itu penting bagi tim besutan Mark van Bommel untuk meraih tiga poin penuh saat menjamu AZ Alkmaar di Stadion Philips pada Minggu (27/10).

Baca juga: PSV terjerembab di markas Utrecht

Baca juga: AZ dipecundangi Heerenveen di kandang sendiri

Berbeda dengan tim De Klassieker, PSV dan AZ akan membawa serta kepercayaan diri penuh jelang pertemuan keduanya mengingat mereka sama-sama baru saja menang telak di Liga Europa pada tengah pekan lalu.

Sebelum PSV mengejar Ajax, Vitesse Arnhem terlebih dulu berkesempatan naik ke posisi kedua klasemen jika berhasil menang atas tamunya ADO Den Haag pada Minggu (27/10) dini hari WIB.

Sedangkan RKC Waalwijk mengusung misi yang tak berubah sejak pekan pertama, yakni meraih kemenangan perdananya sejak memperoleh promosi. Kesempatan berikutnya bagi RKC ada pada Minggu (27/10) dini hari WIB saat bertandang ke markas WIllem II.

Baca juga: Vitesse merangsek ke urutan ketiga kala Sparta jegal Twente

Berikut jadwal dan hasil Liga Belanda pekan ke-11 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (26/10) dini hari
01.00 FC Twente vs FC Emmen

Sabtu (26/10) malam s.d. Minggu (28/10) dini hari
23.30 Willem II vs RKC Waalwijk
00.45 Fortuna Sittard vs VVV Venlo
00.45 Vitesse Arnhem vs ADO Den Haag
01.45 Heracles Almelo vs PEC Zwolle

Minggu (28/10)
18.15 SC Heerenveen vs FC Groningen
20.30 PSV Eindhoven vs AZ Alkmaar
20.30 Sparta Rotterdam vs FC Utrecht
22.45 Ajax vs Feyenoord

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar