Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DKI Jakarta siap menyukseskan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang sudah dipastikan berlangsung di Indonesia.

“Kami sebagai Asprov PSSI DKI Jakarta siap dengan segala tenaga untuk bersinergi demi suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021,” ujar Wakil Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta Aldi Karmawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Aldi menyebut, pihaknya akan memberikan dukungan penuh, khususnya ketika rangkaian acara atau pertandingan dilaksanakan di Jakarta.

Baca juga: Menpora: presiden akan buat inpres terkait pelaksanaan Piala Dunia U20

Salah satu stadion yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 berada di Jakarta yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno. Bukan tidak mungkin pembukaan Piala Dunia U-20 tahun 2021 dilaksanakan di stadion bersejarah tersebut.

Selain menyatakan siap menggelar pertandingan, Aldi Karmawan juga berharap Piala Dunia U-20 tahun 2021 memberikan pengaruh besar bagi perkembangan sepak bola nasional.

“Menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 merupakan hadiah terindah untuk dunia persepakbolaan Indonesia. Semoga dengan hal itu dapat menjadi semangat baru untuk insan sepak bola Indonesia,” tutur dia.

Baca juga: PSSI Jatim bergerak menyusul Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-20

Baca juga: Stadion Si Jalak Harupat siap digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021


Indonesia resmi ditunjuk oleh FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 setelah mengungguli dua pesaing yang juga mencalonkan diri menjadi penyelenggara yaitu Brazil dan Peru.

Dengan demikian, Indonesia menjadi negara kedua di kawasan Asia Tenggara yang menggelar Piala Dunia U-20. Sebelumnya Malaysia pernah menjadi tuan rumah pada tahun 1997 saat nama turnamen masih Kejuaraan Dunia Pemuda FIFA.

Baca juga: Stadion Si Jalak Harupat siap digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021

Sebagai tuan rumah, Indonesia juga berhak tampil langsung di Piala Dunia U-20 tahun 2021. Itu akan menjadi penampilan perdana timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 sepanjang sejarah.

Adapun timnas yang disiapkan untuk mengikuti turnamen tersebut adalah timnas U-19 yang kini dilatih oleh Fakhri Husaini.

Artinya, timnas U-19 tidak perlu lagi harus lolos dan melaju ke semifinal Piala Asia U-19 2020 untuk melangkah ke Piala Dunia U20 2021.

Baca juga: Jawa Barat langsung bersiap diri hadapi pelaksanaan Piala Dunia U-20

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019