Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melantik 12 wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju untuk menempati 11 Kementerian. Pelantikan digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat.

Satu dari 12 wakil menteri yang dilantik adalah Jerry Sambuaga, politisi dari Partai Golkar berusia 34 tahun atau berasal dari kalangan milenial.

Jerry Sambuaga ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam Kabinet Indonesia Maju

"Pak Presiden memberikan arahan terkait isu-isu perjanjian internasional, perdagangan internasional, dan bagaimana Indonesia bisa memberdayakan mengoptimalkan kebijakan yang bisa membuat Indonesia lebih kuat," kata Jerry usai dipanggil Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Jerry berharap Indonesia ke depannya dapat mengoptimalkan kebijakan yang ada, sehingga bisa membuat Indonesia lebih bisa memiliki posisi tawar dengan negara-negara lainnya.

Jerry merupakan anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 dari Partai Golkar.

Pada 2016, kelahiran Jakarta, 2 Juli 1985 tersebut mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia.

Putra dari Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat Theo L Sambuaga ini mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara dengan nomor urut 1.

Jerry merupakan lulusan Bachelor of Arts in Politics, University of San Francisco (2006). Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University (2008). Doktor Ilmu Politik, Universitas Indonesia (2016).


Perbaikan neraca perdagangan

Ketika mengemban tugas sebagai Wamendag, Jerry menyampaikan ingin mengupayakan perbaikan neraca perdagangan antara lain dengan mendorong peningkatan signifikan volume ekspor.

"Sesuai arahan Pak Presiden Jokowi, kita ingin menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa besar dan maju, kami berupaya menciptakan neraca perdagangan yang baik dan volume perdagangan yang meningkat signifikan," kata Wamendag Jerry.

Jerry menyampaikan hal tersebut usai pelantikan wamen oleh Presiden Jokowi yang menyebutkan fungsi wamen adalah untuk membantu tugas tugas menteri.

"Tentunya dengan job yang sedemikian luas dan kompleks, diperlukan jabatan yang bisa mensupport secara teknis maupun administratif dan juga secara fungsional dan kelembagaan dan struktural," katanya.

Ia menilai posisi menteri dan wamen merupakan posisi yang saling melengkapi.

"Saya akan berkoordinasi dengan para dirjen, sekjen dan lainnya dan saya yakin koordinasi ini penting," katanya.

Presiden Jokowi ketika mengenalkan 12 Wamen Kabinet Indonesia Maju, menyebutkan Wamendag akan memberikan dukungan bantuan kepada Mendag.

"Pak Jerry Sambuaga, masih muda, beliau putra Sulut, lulusan S1 dan S2 di AS, nanti akan memberikan dukungan dan bantuan kepada Mendag," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan Mendag Jerry Sambuaga dipercaya menjadi Wamendag dan akan berikan "back up" penuh agar perjanjian perdagangan dengan negara lain bisa diselesaikan.

"Juga untuk meningkatkan ekspor kita ke negara-negara non tradisional," kata Jokowi.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Benny Sutrisno menyampaikan, dengan hadirnya Jerry sebagai wamendag, Mendag Agus akan dapat berbagi tugas dalam mengurus perdagangan yang lingkupnya luas.

"Mungkin akan membagi pekerjaan ya. Karena kan pekerjaannya banyak banget. Toko saja ada yang online ada yang offline, ada online," ujar Benny.

Selain itu, hal yang tidak kalah penting untuk dilanjutkan adalah pembangunan dan revitalisasi pasar tradisional, di mana Presiden Jokowi menjanjikan 1.000 pasar tradisional dalam lima tahun.


Disambut masyarakat Sulut

Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) menyambut hangat perkenalan dan pelantikan Jerry sebagai Wamendag.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo sempat memperkenalkan Jerry sebagai putra Sulawesi Utara yang diminta membantu mendag.

Masyarakat Sulutpun menyampaikan kebanggaan mengingat politisi Partai Golkar itu menjadi satu-satunya perwakilan masyarakat nyiur melambai di Kabinet Indonesia Maju.

Salah satunya disampaikan Praktisi Pers Sulawesi Utara Alexander Mellese, yang mengenal sosok Jerry dengan mengatakan bahwa pelantikannya sekaligus sebagai pengakuan dan penghargaan atas kemampuan dirinya.

Dia yakin, Jerry dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai wakil menteri perdagangan, karena latar belakang akademi sekaligus kemampuannya melobi.

Menurut Alexander, kemampuan Jerry sudah teruji dalam posisi apapun, sehingga ayah dari satu orang putri ini dipercaya dapat mengemban amanah dengan baik.

"Jerry Sambuaga diberikan tugas oleh Presiden dan hasilnya harus terlihat dalam setahun. Kami sangat yakin itu bisa dilakukan cepat dan tepat olehnya,"pungkas Alexander.


Baca juga: Jerry Sambuaga ditunjuk jadi Wamen Perdagangan
Baca juga: Wamendag Jerry Sambuaga sasar perbaikan neraca perdagangan
Baca juga: Masyarakat Sulut sambut hangat pelantikan Jerry Sambuaga

Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019