UNS segera selenggarakan "Museum Goes to Campus"

UNS segera selenggarakan "Museum Goes to Campus"

Panitia kegiatan "Museum Goes to Campus" saat memberikan keterangan kepada wartawan. ANTARA/Aris Wasita

ini juga upaya kami menyematkan ciri sebagai kampus berwawasan kebudayaan
Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) segera menyelenggarakan "Museum Goes to Campus" ke-4 pada 29-30 Oktober 2019.

"Pada tahun ini kami mengambil tema 'Keberagaman sebagai Dinamisator Peradaban'," kata Ketua Panitia "Museum Goes to Campus" ke-4 Insiwi Febriary Setiasih di Solo, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan diikuti oleh sejumlah museum yang ada di Indonesia, di antaranya Museum Lokabudaya Universitas Cenderawasih Papua, Museum Pendidikan Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta, Museum UNS, Museum/Laboratorium Sejarah FIB UNS, Museum/Laboratorium Sejarah FKIP UNS, Museum/Laboratorium Sejarah FKIP Universitas Veteran Sukoharjo.

"Selain itu, ada pula Museum Keris Nusantara Solo, Museum Kambang Putih Tuban, Museum Bung Karno Blitar, Museum Penerangan Jakarta, Perpustakaan Nasional RI Jakarta, Arsip dan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah Semarang, dan Confusius Institute," katanya.

Baca juga: Museum 10 Nopember Surabaya dilengkapi hologram

Ia mengatakan sama halnya dengan pelaksanaan di tahun-tahun sebelumnya, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meneguhkan prinsip UNS sebagai kampus Benteng Pancasila.

"Ini juga upaya kami menyematkan ciri sebagai kampus berwawasan kebudayaan. Sekaligus kami berupaya ikut serta merealisasikan UU Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan berpartisipasi memperingati Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober," katanya.

Baca juga: Kunjungan ke Museum Kretek Kudus terdongkrak pameran bersama

Pada kesempatan yang sama, Inisiator "Museum Goes to Campus" Agus HK Supomo mengatakan kegiatan tersebut tidak hanya diisi dengan pameran koleksi museum tetapi juga akan ada kegiatan yang mengedukasi para pengunjung, salah satunya seminar mengenai sejarah permuseuman.

"Selain itu juga akan ada workshop, bedah buku, lomba untuk mendekatkan generasi milenial pada museum, dan dialog komunitas budaya," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut generasi milenial makin tertarik pada sejarah dan ikut melestarikan peninggalan lampau yang selama ini banyak disimpan di museum.

Baca juga: Enam Museum berpartisipasi pada kegiatan "Museum Goes to Mall"
Baca juga: Puslit Arkenas temukan fosil kerang dan terumbu karang di Ngawi

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

UNS beri gelar doktor honoris causa untuk Panglima TNI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar