Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko meminta pengurus karang taruna untuk menghadirkan inovasi pembaruan sebagai bentuk kolaborasi membangun daerah.

"Pemuda mampu membawa pembaruan negeri seperti saat merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah terdahulu," kata Sigit saat mengukuhkan kepengurusan karang taruna tingkat Kota Jakarta Utara masa bhakti 2018-2023 di Ruang Fatahillah, Kantor Walikota, Jumat.

Pengukuhan kepengurusan karang taruna tingkat kota tersebut merupakan suatu momentum kebangkitan pemuda Jakarta Utara. Pengukuhan itu merujuk Keputusan Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara Nomor 399 Tahun 2018.

"Kemerdekaan Indonesia itu juga dipelopori oleh kaum muda. Pengukuhan ini akan menjadi daya dorong menghadirkan warna baru pemuda dalam wadah karang taruna Jakarta Utara," harap Sigit.

Baca juga: Karang taruna se-DKI Jakarta dilatih kembangkan agrowisata

Baca juga: Gedung karang taruna Koja ambruk, satu tewas

Baca juga: PDIP Jakarta kenalkan politik pemuda lewat "Banteng Milenial Festival"


Menurut Sigit, anggota karang taruna dengan latar belakang yang heterogen, dapat menjadi faktor untuk menghadirkan inovasi kreatif dalam berkolaborasi membangun Kota Jakarta Utara.

"Pemerintah kota menunggu dan siap berkolaborasi untuk mewujudkan apa yang menjadi ide dan gagasan serta saran-saran kreatif dalam membangun Kota Jakarta Utara," kata Sigit.

Ketua Karang Taruna Jakarta Utara Shidik Andiyansah memastikan akan menuangkan inovasi kreatif dalam program kesejahteraan sosial masyarakat. Karang taruna akan menghimpun ide atau gagasan dari seluruh anggota baik tingkat kota, kecamatan, hingga kelurahan.

"Pasca pengukuhan ini, maka kami akan mengawali program dengan mengunjungi anggota hingga tingkat kelurahan. Menghimpun ide gagasan inovasi untuk meminimalisir kesenjangan sosial masyarakat," kata Shidik.

Dia menegaskan akan berusaha mengajak pemuda di Jakarta Utara untuk menjauhi perilaku negatif seperti penyalahgunaan Narkotika. Selain itu, ajakan untuk berkolaborasi dalam kegiatan positif akan terus digencarkan.

Pewarta: Fauzi
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019