Putri Gubernur Jakarta terpilih sebagai duta Indonesia ke AS

Putri Gubernur Jakarta terpilih sebagai duta Indonesia ke AS

Mutiara Annisa Baswedan, salah satu duta muda Indonesia yang terpilih pada program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador, saat ditemui di kediaman resmi duta besar Amerika Serikat di Jakarta, Jumat (25/10/2019). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi/tm)

Jakarta (ANTARA) - Putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Mutiara Annisa Baswedan, terpilih sebagai salah satu duta muda Indonesia yang akan berangkat ke Amerika Serikat untuk memperkenalkan budaya dan masyarakat tanah air ke warga negara Paman Sam.

Mutiara, atau yang akrab disapa Tia, merupakan satu dari 10 wakil #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador yang akan berangkat ke AS pada Sabtu (26/10/2019) dan bertemu dengan kalangan pemuda serta pejabat pemerintah di empat kota AS, yaitu  Washington DC, New York, New Orleans, dan San Fransisco.

"Saya melihat program ini sebagai cara yang dapat ditempuh anak muda untuk berkontribusi terhadap hubungan bilateral AS dan Indonesia. Kedua, bagi saya, program ini akan menjadi pengalaman baru karena di sana saya akan mengalami langsung kebudayaan masyarakat AS," kata Mutiara saat ditemui di Kediaman Resmi Duta Besar AS di Jakarta, Jumat.

Mutiara, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia, menjelaskan ia punya misi tersendiri mengenalkan kehidupan masyarakat Indonesia ke warga AS.

"Saya akan membawa banyak cerita tentang Indonesia ke AS, karena yang mereka (warga AS, red) ketahui dari media bukan cerita lengkapnya. Di sana, saya akan berbagi cerita mengenai kebudayaan di Indonesia dan seperti apa kehidupan anak mudanya," tambah Mutiara.

Sepuluh anak muda yang terpilih sebagai #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador merupakan putra dan putri daerah dari berbagai provinsi seperti Aceh, Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Maluku, Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Sebelum berangkat ke AS, para duta muda itu telah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh Kementerian Luar Negeri RI bersama Kedutaan Besar AS untuk Indonesia.

Menjelang keberangkatan 10 duta muda itu, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. memberi wejangan agar mereka memanfaatkan waktu kunjungan selama tiga pekan secara optimal.

"Ada dua pesan yang saya sampaikan ke 10 duta muda Indonesia ini, pertama, buat daftar orang yang mereka temui di sana dan bangun komunikasi dengan mereka. Kedua, ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya," kata Donovan usai menemui 10 duta muda Indonesia di kediaman resmi dubes AS.

Dubes Donovan berharap pengalaman berkunjung ke AS dapat menjadi bekal berharga bagi para duta muda Indonesia dalam membantu dua negara menguatkan kemitraan pada masa mendatang.

Program #IndonesiaUSA70th Youth Ambassador merupakan kolaborasi kegiatan Outstanding Youth for the World (OYTW) Kementerian Luar Negeri RI dan International Visitor Leadership Program (IVLP) Pemerintah AS.

Baca juga: 10 pemuda berangkat ke AS untuk perkenalkan budaya Indonesia

Baca juga: Duta muda ingin dekatkan ASEAN ke masyarakat melaui pendidikan

Baca juga: Dubes EU tekankan peran penting anak muda hadapi perubahan iklim

 

Komunitas pemuda bersihkan sampah plastik di Pantai Kolaka


 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar