Jakarta (ANTARA) - FSV Mainz meninggalkan zona degradasi seusai menundukkan FC Cologne 3-1 dalam laga pekan kesembilan Liga Jerman di Stadion Opel Arena, Jumat setempat (Sabtu WIB).

Sempat tertinggal lebih dulu akibat gol Simon Terodde, Mainz bangkit dan menang berkat gol-gol Jean-Paul Boetius, Robin Quaison dan Levin Oztunali, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu mengantarkan Mainz naik ke urutan ke-13 klasemen dengan koleksi sembilan poin, unggul dua poin dari Cologne (7) yang kini terperosok ke peringkat ke-16 alias zona degradasi.

Baca juga: Mainz permalukan Freiburg 5-0

Baca juga: Schalke gagal raih kemenangan beruntun kelima akibat ditahan Koln


Pertahanan kedua tim digempur satu sama lain sejak sepak mula dan Cologne yang berhasil membuka keunggulan lebih dulu saat umpan Kingsley Schindler diselesaikan dengan baik oleh Terodde dari tengah kotak penalti pada menit ke-14.

Namun, keunggulan Cologne tak bertahan lama sebab Mainz bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-21 lewat sepakan Boetius di muka gawang.

Dua menit jelang turun minum Mainz berpeluang membalikkan keadaan, sayangnya tembakan Aaron Martin mampu dihentikan kiper Timo Horn sehingga babak pertama berakhir dalam keadaan imbang 1-1.

Cologne memasuki babak kedua dengan mengambil inisiatif serangan namun tiga tembakan tepat sasaran mereka dari Florian Kainz dan Louis Schaub masih bisa diamankan oleh kiper Robin Zentner.

Pada menit ke-57 Mainz justru berbalik memimpin saat Boetius mengirimkan umpan yang mampu dikonversi Quaison menjadi gol dengan tembakan dari luar kotak penalti.

Cologne berusaha membalas pada menit ke-62, sayangnya tembakan jarak jauh Terodde masih bisa dihentikan Zentner.

Keunggulan Mainz terus bertahan hingga pada menit ke-82 bertambah menjadi 3-1 Oztunali merangsek ke sisi kanan kotak penalti seusai menerima umpan Karim Onosiwo sebelum melepaskan tembakan yang bersarang ke sudut kanan bawah gawang.

Skor 3-1 bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi memaksa Cologne menelan kekalahan ketiga mereka dalam lima laga terakhir.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Derby Lembah Ruhr jadi suguhan utama

Baca juga: Hasil dan Klasemen Liga Jerman: Hoffenheim hambat langkah Schalke


Susunan pemain:

FSV Mainz (4-4-2): Robin Zentner; Daniel Brosinski (Danny Latza), Jeremiah St. Juste, Moussa Niakhate, Aaron Martin; Levin Oztunali (Aleander Hack), Pierre Malong, Ridle Baku, Jean-Paul Boetius; Adam Szalai, Robin Quaison (Karim Onosiwo)
Pelatih: Sandro Schwarz

FC Cologne (4-2-3-1): Timo Horn; Kinglsey Ehizibue (Benno Schmitz), Sebastiaan Bornauw, Rafael Czichos, Noah Katterbach (Anthony Modeste); Ellyes Skhiri, Jonas Hector; Kingsley Schindler (Jhon Cordoba), Louis Schaub, Florian Kainz; Simon Terodde
Pelatih: Achim Beierlorzer​​​​​​​​​​​​​​

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019