Benarkah tidak boleh berenang usai makan?

Benarkah tidak boleh berenang usai makan?

Ilustrasi berenang (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Sebagian orang berpendapat, berenang sehabis makan bisa berdampak buruk bagi tubuh salah satunya menyebabkan kram dan mual, sehingga perlu menunggu 30 menit sebelum masuk kolam renang. Benarkah pendapat ini?

"Orang-orang takut perutnya jadi sakit. Sebetulnya tubuh kita diciptakan sedemikian rupa, sehingga nggak seringkih itu," ujar dokter Alni Magdalena dari Alomedika di Jakarta, Sabtu.

Menurut Alni, usai Anda makan lalu masuk ke kolam renang tubuh punya mekanisme sendiri untuk menghadapi perubahan-perubahan lingkungan sehingga kram dan mual tidak akan terjadi.

"Dari habis makan ke berenang enggak akan mengubah tubuh kita jadi kenapa kenapa," kata Alni.

Hal buruk juga tak akan terjadi jika usai makan Anda tiba-tiba harus berjalan cepat atau bahkan berlari terbirit-birit mengejar bus atau angkutan kota.

Namun, kondisi berbeda justru terjadi pada mereka yang mengalami gangguan asam lambung. Alni tak menyarankan mereka dengan kondisi ini langsung berkegiatan semisal berjalan cepat atau bahkan berlari usai makan.

"Kalau ada gangguan asam lambung atau GERD bisa menyebabkan reflux. Sebaiknya jangan (belari usai makan). Tetapi kalau sehat-sehat saja, tidak apa-apa," tutur Alni.

Baca juga: Tanda-tanda tubuh Anda kurang kalsium

Baca juga: Yang sebaiknya dilakukan saat otot kram

Baca juga: Susu mentah amankah? ini jawabannya

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar