Waspadai penyakit DBD di Sulut, sebut Kadinkes

Waspadai penyakit DBD di Sulut, sebut  Kadinkes

ILUSTRASI: Nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD). ANTARA/Pixabay.com/am.

Saat ini kita telah memasuki peralihan musim, musim pancaroba. Biasanya penyakit menular seperti demam berdarah dengue (DBD) ataupun penyakit pneumonia dan penyakit menular lainnya muncul dan harus diwaspadai
Manado (ANTARA) - Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Sulawesi Utara (Sulut) dr Steaven P Dandel, MPH mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD)  saat terjadi pergantian musim.

"Saat ini kita telah memasuki peralihan musim, musim pancaroba. Biasanya penyakit menular seperti demam berdarah dengue (DBD) ataupun penyakit pneumonia dan penyakit menular lainnya muncul dan harus diwaspadai," katanya di Manado, Sabtu.

Walaupun dari sisi tugas pokok dan fungsinya Dinkes Sulut mengatur, membimbing dan mengawasi, katanya, namun koordinasi terus dilakukan dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Dinkes kabupaten dan kota, kata dia, menjadi ujung tombak penanganan penyakit termasuk di dalamnya penyakit menular.

"Penanganan atau pelayanan langsung kepada masyarakat yang terkena DBD berada di puskesmas kabupaten dan kota, kita selalu berkoordinasi," katanya.

Dia berharap di pergantian musim ini kesiapsiagaan masyarakat menjadi penting dilakukan melalui berbagai penyuluhan atau kampanye/sosialisasi.

"Penyuluhan atau sosialisasi itu rutin dilakukan di pos pelayanan terpadu dan puskesmas, masyarakat diperkuat dengan informasi-informasi kesiapsiagaan," katanya.

Penyakit DBD, kata dia, menjadi perhatian penting pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota, terlebih ketika Kota Manado ditetapkan kejadian luar biasa (KLB) penyakit menular ini.

"Data kasus DBD masih akan kita mutakhirkan, kami berharap masyarakat tetap waspada dan terus berperilaku hidup sehat," demikian Steaven P Dandel.

Baca juga: Awal 2019 terdapat 178 kasus DBD di Sangihe

Baca juga: Demam berdarah renggut nyawa dua anak Sangihe-Sulut

Baca juga: Demam berdarah renggut tiga warga Sulut di awal 2019

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemkot Tangerang ajak waspadai DBD, ISPA, dan diare

Komentar