Jarak pandang di Bandara Sam Ratulangi Manado berkurang

Jarak pandang di Bandara Sam Ratulangi Manado berkurang

Aktivitas Bandara Sam Ratulangi Manado (1)

Tidak ada yang membatalkan penerbangan menuju atau dari Bandara Sam Ratulangi,
Manado (ANTARA) - Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, BMKG Sulawesi Utara (Sulut), Carisz Kainama mengatakan, peralihan musim kemarau ke penghujan memengaruhi jarak pandang di Bandara Sam Ratulangi.

"Kondisi ini terjadi beberapa hari belakangan ini, pada saat pesawat akan landing ataupun take off jarak pandang berkurang," sebut Carisz di Manado, Sabtu.

Saat jarak pandang kira-kira 2,0 hingga 2,5 kilometer, pesawat masuk dari landasan pacu bagian Utara, karena di bagian Selatan tertutup mendung.

Meski begitu, lanjut dia aktivitas di Bandara Sam Ratulangi Manado masih berlangsung normal.

Baca juga: Perluasan Bandara Sam Ratulangi percepat kemajuan KEK Likupang

"Tidak ada yang membatalkan penerbangan menuju atau dari Bandara Sam Ratulangi. Kalau saat akan berangkat atau mendarat kondisi cuaca di sekitar bandara buruk, pesawat akan holding sementara waktu," jelasnya.

Beberapa wilayah kabupaten dan kota di Sulut mulai memasuki musim penghujan setelah beberapa bulan mengalami kemarau.

Saat memasuki peralihan musim di bulan Oktober ini ini, BMKG Sulut mulai mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat (dimulai sejak 13 Oktober 2019) di sejumlah wilayah.

Baca juga: Wings Air hentikan penerbangan Sam Ratulangi-Naha mulai hari ini

Terbaru, hari ini hingga pukul 10.20 WITA BMKG Sulut mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di sejumlah wilayah seperti Kabupaten Kepulauan Sitaro (seluruh wilayah), Kabupaten Minahasa Utara (bagian Utara) dan Kota Bitung (seluruh wilayah).

Kondisi cuaca seperti ini dapat meluas ke Kabupaten Kepulauan Talaud (seluruh wilayah), Kabupaten Kepulauan Sangihe (bagian Selatan), dan Kabupaten Minahasa Utara (seluruh wilayah).

Baca juga: Garuda Indonesia mulai layani penerbangan Manado-Davao hari ini

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden tinjau rencana perluasan Bandara Sam Ratulangi

Komentar