"Media merupakan pilar keempat demokrasi, dan kami perlu masukan serta pandangan mereka terhadap tahapan pemilu yang dijalankan KPU," katanya.
Padang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) mengevaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 yang telah dilaksanakan di daerah ini.

Komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai selepas kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu 2019, di Batusangkar, Sabtu, mengatakan rapat kerja evaluasi ini merupakan tahapan akhir dari rapat evaluasi tahapan Pemilu 2019 yang sudah dilakukan masing-masing divisi yang ada di KPU.
Baca juga: KPU Sumatera Barat rampungkan rekapitulasi suara Pemilu 2019

Ia mengatakan dalam evaluasi kali ini KPU tidak hanya melibatkan pihak internal namun juga pihak eksternal salah satunya adalah media massa.

"Media merupakan pilar keempat demokrasi, dan kami perlu masukan serta pandangan mereka terhadap tahapan pemilu yang dijalankan KPU," katanya.

Ia mengatakan dalam rapat kerja evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 ini, pihaknya menghadirkan narasumber seperti Hakim Konstitusi Saldi Isra, Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, Khairul Fahmi dan Harri Efendi Iskandar (akademisi).

"Sedangkan peserta rapat yakni ketua dan anggota KPU kabupaten/kota dan sejumlah wartawan dari berbagai media di Sumbar," kata dia lagi.
Baca juga: HMI Padang tuntut pemerintah segera evaluasi pemilu 2019

Dia mengatakan dalam rapat ini seluruh peserta dibagi dalam lima kelompok yakni Kelompok A, Kelompok B, Kelompok C, dan Kelompok D yaumng membahas dan mengevaluasi divisi terkait beserta sekretariat di KPU Provinsi Sumbar.

"Hasil diskusi tersebut akan dibicarakan sebagai masukan dalam pelaksanaan pemilu yang akan datang," kata dia pula.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019