Puluhan hektare sawah di Tapanuli Selatan terendam banjir

Puluhan hektare sawah di Tapanuli Selatan terendam banjir

Puluhan hektare areal persawahan penduduk di Kecamatan Tantom Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan terendam air akibat hujan deras tiga hari belakangan melanda wilayah ini. Kondisi ini diabadikan Sabtu (26/10) (ANTARA/Kodir)

Tapsel (ANTARA) - Puluhan hektare persawahan penduduk di Kecamatan Tantom Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan terendam banjir akibat hujan deras dalam tiga hari belakangan ini.

"Diperkirakan mencapai 40 hektare," kata Camat Tantom Angkola Indra Sakti Siregar, Sabtu (26/10) malam.

Baca juga: Ratusan rumah di Tapsel Sumut terendam banjir

Persawahan penduduk yang terendam meliputi Desa Batu Horpak, Desa Situmba, Kelurahan Panabari Hutatonga, Hutaraja, dan Purba Tua.

"Akibatnya banyak tanaman padi petani yang rusak bahkan gagal panen. Sebagian besar petani baru selesai menanam," sebutnya.

Menurutnya, banjir seperti ini sering terjadi d kala musim penghujan. Hal ini diakibatkan terjadinya pendangkalan dasar sungai Batang Angkola.

"Asal hujan deras atau banjir kiriman dari daerah tetangga seperti Padangsidimpuan imbasnya areal persawahan penduduk akan terendam," katanya sembari menyatakan akan melaporkan kondisi ini ke Pemkab Tapanuli Selatan (BPBD).

Solusi bijaknya menurut Camat dengan cara normalisasi Sungai Batang Angkola agar bebas dari pendangkalan.
 

Pewarta: Juraidi dan Kodir
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar