Jakarta (ANTARA) - Grup idola asal Florida, Amerika Serikat Backstreet Boys, mengajak ribuan penggemarnya "throwback" atau bernostalgia pada konser "DNA World Tour in Jakarta", di Hall B3 dan C3 JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (26/10) malam.

Dibuka dengan lagu "Everyone" dan "I Wanna be with You" yang masing-masing dirilis pada tahun 2000 dan 1996 silam, dengan mengenakan setelan senada warna merah dan hitam.

Tak lama, Brian Littrell, Nick Carter, Kevin Richardson, AJ McLean, dan Howie Dorough menghentak seisi arena dengan lagu "Get Down", didukung dengan tata panggung dan cahaya yang ciamik.
Personel boyband Backstreet Boys Nick Carter (kiri), Brian Littrell (tengah), Kevin Richardson (kanan) tampil menghibur penggemarnya saat konser di JIExpo Kemyoran, Jakarta, Sabtu (26/10/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)


Kendati sudah berkarir di dunia musik pop dunia selama dua dekade, kelima pria ini masih lincah ketika menari. Mereka pun sesekali berinteraksi dengan penonton.

Tak hanya menampilkan lagu-lagu jadul (zaman dahulu), BSB juga menyanyikan lagu-lagu di album terbaru mereka, "DNA", seperti "Don't Go Breaking My Heart", "Passionate", hingga "Breathe" versi akapela.

Kedekatan emosional

Karena sudah berkarir selama 26 tahun di industri musik pop dunia, kebanyakan penggemar mengaku merasa lebih tergugah ketika Carter CS menyanyikan lagu-lagu hit di era 1990-2000an.

Salah satunya Bunga, yang tak lama lagi akan menginjak usia 35 tahun, mengaku sangat senang dan terharu ketika idolanya membawakan lagu-lagu lama seperti "Show Me the Meaning of Being Lonely" atau "Shape of My Heart".

"Soalnya, aku kenal mereka dari kecil, sampai sekarang aku punya anak kecil sendiri. Dan setelah selama itu akhirnya baru sekarang bisa keturutan nonton mereka lengkap, live lagi," kata dia di sela-sela konser.

Di pertengahan konser, BSB hadir dengan rentetan tembang lama mereka seperti "Drowning" (2001), "Quit Playing with My Heart" (1997), hingga "As Long as you Love Me" (1997) yang sukses membuat para penggemar "baper" bareng.
 
Personel boyband Backstreet Boys Brian Littrell tampil menghibur penggemarnya saat konser di JIExpo Kemyoran, Jakarta, Sabtu (26/10/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)



Kedekatan secara emosional antara idola dan para penggemarnya terasa hangat setelah BSB menyanyikan "No Place", diputar bersamaan dengan video musiknya yang menampilkan kelima anggota BSB dan keluarga.

"Apa kalian ingat kami dulu debut pada usia berapa? Aku ingat bahwa Kevin (Richardson) adalah satu-satunya anggota yang usianya legal (21 tahun) ketika kami debut. Berapa usia kalian saat itu?" ujar Brian Littrell.

Nick Carter, salah satu anggota termuda BSB kemudian mengumumkan bahwa ia baru saja menyambut kelahiran anak perempuannya. Ia juga dengan suka cita menunjukkan foto anaknya itu.

"Bicara soal keluarga, kami ingin berterima kasih kepada kalian juga. Terima kasih telah menjadi bagian dari keluarga kami selama 26 tahun ini," kata Carter disambut sorai penonton.

Obat rindu

Kompak mengenakan setelan putih, kelima anggota boyband itu kembali menggebrak seisi arena dengan lagu "Everybody" yang rilis dan populer di tahun 1997. Penonton bernyanyi dan melompat mengikuti ritme dan keseruan BSB di atas panggung.
Personel boyband Backstreet Boys (dari kiri) Howie Dorough, Nick Carter, Brian Littrell, Kevin Richardson, A.J. McLean tampil menghibur penggemarnya saat konser di JIExpo Kemyoran, Jakarta, Sabtu (26/10/2019). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)


Mengekor di belakangnya, lagu-lagu hit seperti "We’ve Got It Goin’ On" (1997), "It’s Gotta Be You" (1999) hingga "I Want It That Way" (1999) yang merupakan favorit para penonton.

Usai "I Want It That Way" dinyanyikan, lampu mendadak dipadamkan dan mengejutkan penggemar. Sorakan "we want more!" seakan menjadi isyarat bahwa kerinduan mereka belum sepenuhnya terbalas.

BSB kemudian tampil kembali pada encore dan menyanyikan single mereka di tahun 2018, "Don’t Go Breaking My Heart" dan ditutup dengan "Larger Than Life" (1999).

"Jakarta merupakan tempat yang paling meriah dan tergila. Kami sangat menyukai energi di sini," ujar AJ McLean.

Baca juga: Backstreet Boys tampilkan "Breathe" versi akapela

Baca juga: Backstreet Boys buka konser di Jakarta dengan "I Wanna Be With You"

Baca juga: Backstreet Boys batalkan konser setelah 14 penggemar terluka

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019