Tiga wilayah di Jakarta diprediksi terguyur hujan pada Minggu malam

Tiga wilayah di Jakarta diprediksi terguyur hujan pada Minggu malam

Dua bocah bermain di kolam air mancur di atas Sungai Ciliwung, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Menurut hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geologi (BMKG) persebaran suhu panas dominan berada di selatan khatulistiwa, salah satunya di Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara dengan suhu mencapai 37 derajat Celcius. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Tiga wilayah di Jakarta diprediksi hujan pada Minggu malam ini.

Data resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang didapatkan di Jakarta, Minggu pagi, menyebutkan kondisi cerah berawan berlangsung di enam wilayah DKI Jakarta pada pagi hari.

Di siang hari, cuaca cerah berawan berlangsung di lima wilayah Jakarta, terkecuali Jakarta Barat yang berawan.

Memasuki malam hari, di Jakarta Barat diperkirakan akan turun hujan lokal dan dua wilayah lainnya  yakni Jakarta Selatan dan Timur hujan sedang.

Sementara tiga wilayah lainnya akan tetap dalam kondisi cerah berawan.

Cuaca berganti menjadi berawan rata di enam wilayah Jakarta pada Senin (28/10) dinihari.

Baca juga: Enam langkah menjaga tubuh saat cuaca panas di Jakarta

Suhu udara di Jakarta secara umum berada pada temperatur antara 24 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembaban udara antara 60 hingga 90 persen.

Adapun di daerah sekitar Jakarta, di wilayah Banten, seperti Tangerang, Serang, Merak dan Cilegon, cuaca akan cerah berawan hingga hujan lokal dan berpetir (Rangkasbitung dan Tangerang).

Di provinsi ini, BMKG mengeluarkan peringatan untuk mewaspadai terjadinya hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Potensi angin kencang ada di wilayah Kabupaten Lebak bagian Selatan dan Kabupaten Pandeglang bagian barat dan selatan yang disertai gelombang tinggi di Selat Sunda hingga Samudera Hindia.

Sementara untuk wilayah Jawa Barat seperti Bekasi, Bogor dan Depok, akan cerah berawan hingga hujan ringan (Bogor) pada malam hari.

Di wilayah ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan ringan hingga sedang disertai angin kencang di wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Garut, Purwakarta dan Subang pada Minggu sore hingga malam hari.
Baca juga: Damkar ingatkan bahaya steker menumpuk di tengah cuaca panas Jakarta
Baca juga: Jakarta diprakirakan masih panas hingga sepekan ke depan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

BMKG: hangatnya suhu permukaan picu terjadinya angin kencang

Komentar