Washington (ANTARA) - Presiden AS Donald Trump berencana mengeluarkan "pernyataan besar" di Gedung Putih pada pukul 09.00 Eastern Standard Time (20.00 WIB) pada Minggu, kata Juru Bicara Gedung Putih Hogan Gidley pada Sabtu malam (26/10).

Gidley tidak memberi perincian lebih lanjut, dan tidak jelas apa topik dari pernyataan yang mungkin disampaikan Trump.

Namun, beredar spekulasi bahwa Trump mungkin memiliki keterangan mengenai pemimpin IS Abu Bakr Al-Baghdadi, tokoh yang sukar dipahami dan telah menjadi sasaran perburuan internasional selama bertahun-tahun.

Presiden tersebut memberi petunjuk bahwa sesuatu terjadi pada Sabtu malam, ketika ia mencuit tanpa penjelasan, "Sesuatu yang sangat besar baru saja terjadi."

Trump telah kecewa oleh media berita AS, yang sangat memusatkan perhatian, pada pemeriksaan pemakzulan --yang ia sebut gerakan tidak sah untuk memojokkan dia. 

Ia juga telah menghadapi kecaman keras dari anggota Partai Republik dan Demokrat karena tindakannya menarik tentara AS dari bagian timur laut Suriah, yang memungkinkan Turki menyerang sekutu Amerika, Suku Kurdi.

Trump direncanakan mengeluarkan pernyataan di Ruang Resepsi Diplomatik Gedung Putih, yang telah ia gunakan untuk mengeluarkan sejumlah pengumuman besar.

Baru pekan lalu, ia menggunakan ruangan itu untuk mengumumkan bahwa gencatan senjata antara Turki dan Suku Kurdi telah berjalan.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kesaksian pejabat senior Pentagon dalam skandal Trump diundur

 Baca juga: AS siap hancurkan ekonomi Turki jika pihaknya terus lakukan serangan

Baca juga: Trump berharap jadi mediator Turki-Kurdi

 

Wapres Nilai Perlu Berdialog Damai atas Sikap AS

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019