Wabup Sleman buka Pagelaran Budaya Ikamaya 2019

Wabup Sleman buka Pagelaran Budaya Ikamaya 2019

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong melakukan pemukulan gong menandai pembukaan Pagelaran Budaya Ikamaya di parkir utara Lapangan Denggung, Sleman, Minggu (27/10/2019). ANTARA/HO-Pemkab Sleman/aa.

diharapkan dapat memupuk kembali kecintaan kepada budaya Nusantara
Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun membuka secara resmi pagelaran budaya Ikatan Keluarga Manggarai Raya Yogyakarta (Ikamaya) tahun 2019 di Parkir Utara Lapangan Denggung, Sleman, Minggu.

Pembukaan pagelaran ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun didampingi Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong.

Pagelaran budaya ini merupakan salah satu program kerja Ikamaya tahun 2019 yang menampilkan berbagai seni dan budaya tradisional Manggarai Raya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun juga disambut oleh Wakil Bupati Manggari Barat, Maria Geong dengan adat tradisional Manggarai Raya.

Baca juga: Riau gelar karnaval budaya sambut Hari Sumpah Pemuda
Baca juga: Buton Selatan akan gelar festival budaya bahari skala nasional


Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatu menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan pagelaran budaya Ikamaya di Kabupaten Sleman.

"Kegiatan ini merupakan media untuk kembali mengembangkan semangat masyarakat akan pentingnya melestarikan kebudayaan kita," katanya.

Menurut dia, tidak bisa dipungkiri bahwa budaya masyarakat memiliki peran penting. Tidak hanya sebagai bentuk kesenian, namun juga dapat membangun harmonisasi dalam hidup berdampingan dengan alam dan masyarakat.

"Saya menyambut gembira pelaksanaan kegiatan event budaya semacam ini. Melalui pagelaran budaya semacam ini diharapkan dapat memupuk kembali kecintaan kepada budaya Nusantara," katanya.

Baca juga: Perantau bantu anak penderita hidrosefalus di Tanah Datar
Baca juga: Sandiaga dihadiahi songket dari Ikatan Keluarga Minang


Dalam kegiatan tersebut, masyarakat maupun mahasiswa yang berasa dari Kabupaten Manggarai berkumpul dan turut andil dalam menampilkan seni budayanya.

Adapun beberapa tarian tradisional yang ditampilkan dalam pagelaran tersebut yaitu Tarian Danding Elar Selatan, Tarian Dedang, Tarian Merauke dan Tarian Caci.

Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong sebagai perwakilan Manggarai Raya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kabupaten Sleman atas apresiasi yang diberikan bagi penyelenggaraan pagelaran seni budaya Manggarai.

Dirinya menyebut, saat ini masyarakat Manggarai yang berada di Kabupaten Sleman hampir berjumlah 1.500 orang.

Maka dari itu dirinya mengimbau agar masyarakat Manggarai dapat hidup berdampingan serta menjunjung tinggi keberagaman, membawa kearifan dan kebajikan yang telah ditanam leluhur mereka. 

Baca juga: Pagelaran keraton tambah pengetahuan budaya
Baca juga: Pagelaran seni budaya Empat Pilar MPR semarak di Cianjur


 
Salah satu tarian yang ditampilkan pada Pagelaran Budaya Ikamaya di parkir utara Lapangan Denggung. Foto Antara/HO/ Humas Sleman

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar