Jakarta (ANTARA) - Museum Rekor Dunia Indonesia memberikan penghargaan kepada Karnaval Jakarta Langit Biru karena telah membukukan rekor baru dalam buku rekor MURI.

Rekor yang dicetak oleh Karnaval Jakarta Langit Biru adalah Konvoi Kendaraan Listrik Jenis Terbanyak. Jumlah kendaraan yang dihadirkan dalam karnaval tersebut adalah 414 kendaraan listrik dari berbagai jenis.

"Hari ini kami anugerahkan piagam penghargaan Museum Rekor Indonesia untuk Konvoi Kendaraan Listrik Jenis Terbanyak yang pertama kalinya diselenggarakan di Nusantara ini dianugerahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar CEO MURI Jaya Suprana di Bundaran Senayan, Minggu.

Baca juga: Jepin massal-berbusana baju kurung terbanyak catat rekor MURI

Jaya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI dan PT PLN karena telah mewujudkan impiannya yakni menghadirkan mobil listrik di jalanan Ibu Kota.

"Kepada Pak Gubernur terima kasih sekali, karena telah memenuhi impian saya, electric car. Terima kasih juga kepada PLN, karena tanpa PLN tidak mungkin terlaksana," ujarnya.

Sedangkan General Manager PLN Unit Induk Distribusi (IUD) Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan ada tiga hal yang menjadi perhatian utama PLN di Hari Listrik Nasional ke-74 yang jatuh pada Minggu 27 Oktober 2019.

Baca juga: Muslimat NU Trenggalek pecahkan rekor MURI sajian nasi gegok terbanyak

Tiga hal itu adalah eco living, eco moving dan eco lifestyle. Hal itu disampaikan Ikhsan di kegiatan Karnaval Jakarta Langit Biru yang digelar di Bundaran Senayan.

"Pertama eco living bagaimana di rumah, rumah kita jadi ramah lingkungan, kita dorong penggunaan solar rooftop. Kedua, eco moving bagaimana kita bergerak menggunakan listrik seperti kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dan efisien. Ketiga, eco lifestyle, kita tahu kehidupan kita pake listrik, kita dorong semuanya menggunakan energi listrik," kata Ikhsan di Bundaran Senayan, Minggu.

Pada gilirannya, Anies berharap pemerintah segera merampungkan regulasi terkait penggunaan kendaraan listrik di jalan umum.

"Kita berharap kampanye ini membangun kesadaran masyarakat sekaligus juga harapannya regulasi-regulasi pemerintah yang terkait dengan kendaraan berbasis listrik bisa segera dituntaskan sehingga masyarakat bisa naik kendaraan berbasis listrik," kata kata Anies.

Harapannya dengan regulasi yang matang masyarakat akan terdorong menggunakan kendaraan listrik guna mengurangi tingkat polusi di Jakarta.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019