Liga Italia

Zaniolo antar Roma bekap Milan 2-1

Zaniolo antar Roma bekap Milan 2-1

Gelandang AS Roma Nicolo Zaniolo (kanan) menendang bola melewati bek AC Milan Mateo Musacchio dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (27/10/2019) setempat. (ANTARA/AFP/ANDREAS SOLARO)

Jakarta (ANTARA) - Nicolo Zaniolo mengantarkan AS Roma membekap AC Milan 2-1 dalam laga pekan kesembilan Liga Italia di Stadion Olimpico, Roma, Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Roma naik ke peringkat kelima Liga Italia dengan koleksi 16 poin, sedangkan Milan (10) yang tak kunjung meraih kemenangan perdana di bawah kepelatihan Stefano Pioli belum mampu meninggalkan urutan ke-13, demikian dilansir laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Roma berharap Pastore dibeli China

Milan mencoba menggebrak sejak awal dan Rafael Leao memanfaatkan kesalahan Federico Fazio untuk kemudian melepaskan sepakan melebar. Gelandang Lucas Paqueta membobol gawang tuan rumah pada menit ke-15, namun ia telah terlebih dahulu berada dalam posisi offside.

Hakan Calhanoglu, yang mencatatkan penampilan ke-100nya untuk Milan, menebar ancaman melalui sepakan jarak jauh, tetapi bola masih belum menyulitkan kiper Pau Lopez.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-38 saat tembakan Zaniolo ditepis oleh kiper Gianluigi Donnarumma untuk menghasilkan tendangan sudut. Dari situasi tersebut, sepakan Jordan Veretout diteruskan Gianluca Mancini kepada Edin Dzeko untuk disundul masuk gawang Milan.

Beberapa saat kemudian, Roma hampir menggandakan keunggulan ketika Andrea Conti kehilangan bola dengan mudah namun Donnarumma bereaksi cepat keluar dari sarangnya untuk menepis tembakan Javier Pastore dengan dadanya.

Milan kembali lebih banyak ditekan pada awal babak kedua. Tendangan bebas Aleksandar Kolarov terdefleksi oleh Alessio Romagnoli, dan dari tendangan sudut yang dihasilkan Chris Smalling gagal melepaskan sundulan dengan akurat.

Baca juga: Chris Smalling betah bersama AS Roma

Namun Rossonerri justru mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-55. Pemain pengganti Davide Calabria mengirimkan umpan silang yang diselesaikan Theo Hernandez untuk membobol gawang tuan rumah.

Skor imbang hanya bertahan selama empat menit. Calabria berubah menjadi pesakitan ketika ia kehilangan bola dengan mudah yang direbut Dzeko, untuk diteruskan menjadi assist kepada Zaniolo yang berada di tepi kotak penalti.

Roma memiliki peluang untuk memperbesar keunggulan mereka, ketika Mancini menyambut bola tendangan sudut dengan sundulan melebar.

Baca juga: Pioli gagal raih kemenangan pada debutnya sebagai pelatih Milan

Gawang Milan kembali kemasukan, kali ini dari upaya Pastore. Namun ia telah berada dalam posisi offside. Donnarumma kembali harus menebus permainan buruk bek Milan, setelah Hernandez kehilangan bola yang direbut oleh Zaniolo.

Calhanoglu memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan, namun sepakan pemain Turki itu hanya mengenai jaring samping gawang. Theo Hernandez juga berusaha keras menggebrak dari sisi kiri untuk mengirim umpan silang, namun Kolarov dapat dengan mudah meredam pergerakan Calabria.

Baca juga: Atalanta pesta gol saat menjamu Udinese, Napoli ditahan imbang SPAL

Susunan pemain:

AS Roma (4-2-3-1): Pau Lopez, Leonardo Spinazzola (Mert Cetin 77'), Federico Fazio, Chriss Smalling, Aleksandar Kolarov, Jordan Veretout, Gianluca Mancini, Nicolo Zaniolo (Davide Santon 83'), Javier Pastore, Diego Perotti (Mirko Antonucci 53), Edin Dzeko
Pelatih: Paulo Fonseca

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Andrea Conti (Davide Calabria 52'), Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Lucas Paqueta (Krzysztof Piatek 63'), Lucas Biglia (Ismael Bennacer 72'), Franck Kessie, Suso, Rafael Leao, Hakan Calhanoglu
Pelatih: Stefano Pioli

Baca juga: Catatan menarik warnai debut Thiago Motta sebagai pelatih Genoa

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Italia: Dua teratas hanya raih hasil seri

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar