Brasilia (ANTARA) - Brazil dan Uni Emirat Arab (UAE) sepakat memperkuat perdagangan antara kedua negara sekaligus mengembangkan kemitraan dana investasi di sejumlah sektor seperti pertanian, infrastruktur, energi serta pertahanan, menurut pernyataan bersama, Minggu.

Keberadaan Presiden Brazil Jair Bolsonaro di Uni Emirat Arab merupakan bagian dari perjalanan 10 hari menjelajahi Asia dan Timur Tengah untuk menggantongi investasi ke Brazil. Bolsonaro menandatangani perjanjian perdagangan bersama Putra Mahkota Abu Dhabi, Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

"Kedua pemimpin menggarisbawahi kerja sama ekonomi yang sangat berkualitas antara Brazil dan Uni Emirat Arab serta menyatakan tekad mereka untuk lebih memperkuat kerja sama tersebut," bunyi pernyataan. Mereka juga meneken sejumlah perjanjian di bidang kecerdasan buatan, lingkungan, pertahanan, perdagangan serta bea cukai.
Baca juga: Brazil Kejar Kesepakatan Dagang Bilateral Setelah Dialog WTO Gagal
Menurut Kamar Dagang dan Industri Dubai, bilateral perdagangan UAE dan Brazil pada 2018 mencapai 2,7 miliar dolar AS. Duta Besar Brazil untuk UAE, Fernando Luis Lemos Igreja, pekan ini mengatakan kepada Kantor Berita Emirat WAM bahwa nilai tersebut akan ditingkatkan tahun ini, yang telah mencapai 2 miliar dolar AS hingga Agustus.

Baca juga: Tingkat pengangguran Brasil capai rekor tertinggi 11,2 Persen

Baca juga: Brazil bukukan defisit perdagangan 4,98 miliar dolar
Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019