Dengan berhentinya KA lokal, Stasiun Kramat akan melayani dua jenis KA, yakni KRL dan KA lokal.
Jakarta (ANTARA) - Kereta Api Lokal Jatiluhur dan KA Walahar bisa berhenti di Stasiun Kramat, Jakarta, mulai Senin, 28 Oktober 2019, mengingat Stasiun Kemayoran tidak lagi melayani pemberhentian KA tersebut per 8 Juni 2019.

“Mulai Senin 28 Oktober 2019, tiga perjalanan KA Walahar Ekspres dan dua perjalanan KA Jatiluhur dalam satu hari akan berhenti di Stasiun Kramat untuk pelayanan naik penumpang,” kata Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Jadwal KA Lokal di Stasiun Kramat adalah kereta Walahar Ekspress KA 324 B Relasi Tanjung Priok - Purwakarta Pkl 10.24 WIB, Walahar Ekspress KA 326 B Relasi Tanjung Priok - Purwakarta Pkl 11.30 WIB, Walahar Ekspress KA 322 B Relasi Tanjung Priok - Purwakarta Pkl 16.44 WIB, Jatiluhur KA 328 B Relasi Tanjung Priok - Cikampek Pkl 17.35 WIB, Jatiluhur KA 330 B Relasi Tanjung Priok - Cikampek Pkl 19.29 WIB.

Baca juga: Presiden diharap wujudkan proyek perkeretaapian Papua Barat

“Dengan berhentinya KA lokal, Stasiun Kramat akan melayani dua jenis KA, yakni KRL dan KA lokal,” katanya.

Karena itu, para calon penumpang diimbau untuk tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan saat akan naik kereta di peron stasiun, serta menunggu di luar peron terlebih dahulu jika waktu kedatangan KA lokal masih lama.

Selain itu, untuk mendukung pelayanan penumpang di Stasiun Kramat yang memiliki total luas peron 1.016 meter persegi dan luas hall 122 meter persegi, telah disiapkan beberapa fasilitas antara lain toilet pria (terdapat empat bilik, tiga urinoir, dan satu wastafel), toilet wanita (terdapat lia bilik dan dua wastafel), satu ilik toilet difabel, satu mushola, ruang tunggu penumpang KA lokal dan KRL.

Sementara itu khusus layanan KA lokal, Stasiun Kramat juga dilengkapi dengan dua loket penjualan tiket disebelah barat stasiun, dan perlengkapan boarding penumpang.

Dengan perubahan pola operasi tersebut, calon penumpang dari Jakarta tujuan Purwakarta serta Cikampek dapat naik melalui Stasiun Tanjung Priok, Kramat, Cikarang, dan Tambun. Sedangkan untuk penumpang turun dari arah Purwakarta atau Cikampek menuju Jakarta dapat turun di Stasiun Pasar Senen dan Tanjung Priok.
Baca juga: Daop Surabaya ajak penumpang KA peduli lingkungan

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019