Tenis

Barty, Stosur ujung tombak Australia pada final Fed Cup

Barty, Stosur ujung tombak Australia pada final Fed Cup

Petenis Australia Ashleigh Barty. ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww.

Jakarta (ANTARA) - Petenis peringkat satu dunia Ashleigh Barty dan veteran Samantha Stosur menjadi ujung tombak tim Australia yang diumumkan Senin untuk final Fed Cup melawan Prancis karena negara ini menargetkan gelar pertama sejak 1974.

Australia yang sudah tujuh kali juara melaju ke final pertama mereka dalam 26 tahun dengan mengalahkan Belarus pada April, sementara Prancis membukukan tempat mereka dengan kemenangan atas Rumania.

Ibu kota Australia Barat Perth akan menjadi tuan rumah pertandingan final ini di lapangan keras pada 9-10 November.

Bersama Barty dan Stosur, kapten Australia Alicia Molik memberikan debut kepada Ajla Tomljanovic, yang menghabiskan hampir sepanjang 2019 berada dalam top 50, mencapai peringkat tertinggi dalam karirnya, 39. Ia efektif menggantikan Daria Gavrilova yang cedera.

Pemain muda Astra Sharma dan Priscilla Hon menggenapi tim. Prancis belum mengumumkan susunan pemainnya.

Baca juga: Barty susah payah lolos ke semifinal China Open

"Kami punya banyak pengalaman, dan kami menjalani bisnis kami dengan cara yang sama, kami tidak merasa seperti perlu mengubah apapun karena ini akan menjadi pertunjukan besar final," kata Molik.

"Menjadi tuan rumah final Fed Cup di negara asalmu adalah kesempatan yang jarang dan berharga," tambahnya. "Saya tahu tim kami tidak hanya akan menerima tantangan, tetapi mendapat dukungan dari fans."

Australia memegang rekor 5-1 atas dua kali juara Fed Cup Prancis, meskipun Prancis memenangi pertemuan terkini antara kedua negara pada 2000, ketika Molik berada dalam tim.

Juara French Open saat ini Barty dan mantan juara US Open Stosur main pada kedua nomor tunggal dan ganda dalam kemenangan mereka di semifinal, namun Molik tidak memberi indikasi pada bagaimana ia akan menempatkan mereka melawan Prancis.

Namun Barty, hampir pasti memainkan tunggal dan ganda lagi. Ia tidak terkalahkan dalam Fed Cup tahun ini, memenangi semua keempat pertandingan tunggalnya ditambah dua ganda yang menentukan, demikian seperti disiarkan AFP.

Baca juga: Osaka kembali peringkat tiga teratas setelah kalahkan Barty di Beijing

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar