Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Fraksi PKB DPR RI Fathan Subhi memastikan fraksinya akan menempatkan kader muda untuk duduk di kursi pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD)

PKB mendapatkan kursi ketua di Komisi VI dan X dan mendapatkan posisi wakil ketua di Komisi II, Komisi IV, Komisi VIII, Komisi X, Komisi XI, Badan Anggaran (Banggar), dan Badan Legislasi (Baleg).

"Kami telah memilih jajaran pimpinan AKD dari Fraksi Kebangkitan Bangsa. Rata-rata berusia muda sebagai simbol jika kami ingin kepemimpinan AKD DPR ke depan lebih efektif dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat," kata Fathan Subhi dalam keterangannya, di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan sesuai kesepakatan, PKB mendapatkan sembilan jatah kursi pimpinan AKD DPR RI periode 2019-2024.

Fathan menjelaskan sembilan kader PKB yang dipilih sebagai pimpinan AKD didominasi anggota parlemen yang berpengalaman dengan usia relatif muda.

"Jatah komisi yang kami dapatkan pembidangannya sesuai dengan tiga prioritas program yang diamanatkan Muktamar Bali yakni mendorong ekonomi kerakyatan, memajukan pendidikan, dan melakukan dakwah sosial," ujarnya.

Dia mengatakan FPKB menempatkan Faisol Reza sebagai Ketua Komisi VI dan Syaiful Huda sebagai Ketua Komisi X DPR RI.

Yaqut Cholil Qoumas sebagai Wakil Ketua Komisi II, Daniel Johan sebagai Wakil Ketua Komisi IV, Marwan Dasopang sebagai Wakil Ketua Komisi VIII, Nihayatul Wafiroh sebagai wakil Ketua Komisi IX.

Fathan Subhi sebagai Wakil Ketua Komisi XI, Cucun Ahmad Syamsurijal sebagai Wakil Ketua Badan Anggaran, dan Ibnu Multazam sebagai Wakil Ketua Badan Legislasi.

"Kami bersama DPP PKB memilih nama-nama yang kami pandang mempunyai rekam jejak dan pengalaman sesuai dengan bidang komisi yang mereka pimpin masing-masing," kata Fathan.

Menurut dia, dengan pengalaman dan usia mereka yang dekat dengan kaum milenial, para pimpinan AKD dari PKB bisa lebih aspiratif dalam memperjuangkan kepentingan kader sesuai dengan komisi dan bidang masing-masing.

Fathan berharap para pimpinan AKD bisa memperjuangkan tiga prioritas PKB yang diamanatkan Muktamar Bali, yaitu dalam mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan berkualitas maupun peningkatan ekonomi kerakyatan.

Baca juga: F-NasDem DPR peroleh dua ketua AKD

Baca juga: Gerindra tunjuk Muzani sebagai Ketua Fraksi gantikan Edhy Prabowo

Baca juga: DPR tetapkan jumlah keanggotaan AKD

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019