Teman-teman di Komisi III DPR RI nanti sudah mempelajari rekam jejak dan apa yang sudah dilakukan (Idham Aziz). Dan juga sudah mempelajari masalah-masalah yang akan dihadapi Kapolri baru
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, lebih banyak mendalami pandangan terkait visi-misi dan penyelesaian masalah yang ada di internal Kepolisian.

"Teman-teman di Komisi III DPR RI nanti sudah mempelajari rekam jejak dan apa yang sudah dilakukan (Idham Aziz). Dan juga sudah mempelajari masalah-masalah yang akan dihadapi Kapolri baru," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia menilai pertanyaan dalam uji kelayakan calon Kapolri tidak akan keluar dari pertanyaan-pertanyaan tersebut yang akan diajukan anggota Komisi III DPR RI.

Baca juga: Kasum TNI nilai sinergi TNI-Polri kuat bila Komjen Idham Kapolri

Dasco mengatakan sosok Idham Aziz dari sisi kapasitas dan kemampuan, layak menjadi Kapolri. Menurut dia, kinerja yang dihasilkan Idham selama ini sudah memenuhi kapasitas sebagai calon Kapolri.

"Saya menilai sosok Idham Aziz, dari sisi kapasitas, angkatan, dan hasil kerja beliau sudah memenuhi kapasitas sebagai calon seorang Kapolri," tuturnya.

Politisi Partai Gerindra itu menilai selama ini tidak ada penolakan pada sosok tunggal calon Kapolri yang telah diajukan Presiden tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Pol Idham Aziz akan dilakukan pada pekan ini.

Baca juga: DPR pastikan uji kelayakan calon Kapolri pekan ini

Menurut dia, pekan ini dilakukan pembentukan komisi-komisi dan pengisian anggota Komisi III DPR lalu dilakukan uji kelayakan.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Pimpinan DPR pada Senin akan menggelar Rapat Pimpinan untuk membahas Surat Presiden (Surpres) tentang penunjukan calon Kapolri dan sore hari menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus).

Setelah itu menurut dia, pada Selasa (29/10) DPR akan menggelar Rapat Paripurna dengan agenda menugaskan Komisi III DPR untuK melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

Baca juga: Pengamat: Menilik rekam jejaknya Idham Azis layak dicalonkan kapolri

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019