Fung: Audisi Djarum dorong atlet berprestasi internasional

Fung: Audisi Djarum dorong atlet berprestasi internasional

Salah satu peserta audisi umum beasiswa bulu tangkis 2019 PB Djarum saat mengikuti turnamen di GOR RM Said Karangnyar Jateng, Senin (Foto:Bambang Dwi Marwoto)

Karanganyar (ANTARA) - Manajer Tim Persatuan Bulu Tangkis (PB) Djarum Fung Permadi menyebutkan kegiatan audisi umum beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum yang digelar setiap tahun untuk mendorong atlet agar berprestasi internasional.

"Kami setiap tahun tidak mengkhususkan mencari atlet putra atau putri, tetapi berusaha mencari bakat yang betul-betul didorong untuk bisa berprestasi di internasional," kata Fung Permadi di sela audisi umum Bulu Tangkis PB Djarum di GOR RM Said Karanganyar, Jateng, Senin.

Menurut Fung, audisi umum bulu tangkis PB Djarum di Solo Raya ini, memasuki hari kedua dengan tahap turnamen yang diikuti 289 atlet putra dan putri.

Baca juga: Pesan Butet untuk peserta audisi beasiswa Solo Raya

Jumlah atlet yang ikut tahap turnamen tersebut terdiri dari 110 peserta di kelompok usia U-11 putra, 32 peserta (U-11 putri), 105 peserta (U-13 putra), dan 42 peserta (U-13 putri) itu, bertarung di GOR RM Said Karanganyar, Senin ini.

"Kami sebagai Tim Pencari Bakat PB Djarum sudah bisa melihat penampilan para atlet yang lebih baik dan dapat untuk memberikan penilaian untuk menuju ke-16 besar untuk putra dan 8 besar untuk putri," katanya.

Menurut dia, kualitas para atlet tahap turnamen ini, terlihat karena mereka bermain games full, sehingga lebih bisa terekspos kemampuannya.

Baca juga: PB Djarum siapkan 12 Super Tiket audisi umum

Menyinggung super tiket yang lolos menuju final di Kudus, kata dia, untuk bagian putra baik U11 maupun U-13 pada babak 16 besar masih kemungkinan ada super tiket tambahan, sedangkan untuk putri kesempatan 8 besar bakal dipertandingkan Selasa (29/10).

Dia mengatakan pada tahap turnamen hingga Senin ini, sudah tersingkir dari 289 peserta yang lolos screening untuk putri U-11 sudah didapat 8 peserta yang lolos ke delapan besar, U-13 masih tersisa 16 atlet hingga sore bertanding lagi dan besok menyisakan 8 besar.

"Untuk putra U-11 masih ada 32 atlet, dan U-13 ada 32 atlet. Putra ini nanti akan menyisakan 16 besar yang akan dipertandingkan, pada Selasa (29/10)," katanya.

Sebanyak 863 peserta dari berbagai daerah di Solo Raya mulai menjalani tahap seleksi pada Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 yang diselenggarakan oleh PB Djarum, di GOR RM. Said Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Minggu (27/10)

Pada pembuka ajang pencarian bibit pebulu tangkis calon juara dunia tersebut, bermula dengan tahap screening. Sebanyak 425 pertandingan digelar di tujuh lapangan yang ada di dalam gedung olahraga ini, guna menyeleksi para atlet muda yang terbagi dalam dua kelompok usia U-11 dan U-13, baik putra maupun putri.

Baca juga: Liliyana Natsir: Atlet putri jangan manja dan cengeng

Baca juga: PB Djarum masih cari format audisi atlet 2020


Pada tahapan ini, setiap peserta bertanding dengan lawan yang sesuai kategori usia masing-masing dalam durasi sekitar sepuluh menit. Tim Pencari Bakat menyeleksi siapa saja peserta yang berhak melaju ke tahap turnamen.

Para legenda bulu tangkis Indonesia serta jajaran pelatih PB Djarum yang termasuk dalam Tim Pencari Bakat, terdiri dari Fung Permadi, Denny Kantono, Fran Kurniawan, Sigit Budiarto, Lilyana Natsir, Ellen Angelina, Basri Yusuf, Komala Dewi, Bandar Sigit, Imam Tohari, Reni Ardhianingrum, dan Engga Setiawan.

Jumlah peserta di tahap screening ada 863 atlet. Banyaknya perserta yang berpartisipasi menunjukkan antusiasme masyarakat, khususnya di Jawa Tengah, terhadap olahraga bulu tangkis. Dari tahap screening menyisakan 289 atlet yang masuk tahap turnamen yang saat ini masih berlangsung.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mengintip fasilitas asrama PB Djarum di Kudus

Komentar