UKPI FKIP Unismuh Makassar buka seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang

UKPI FKIP Unismuh Makassar buka seleksi pertukaran mahasiswa ke Jepang

Seleksi peserta Sakura Science Exchange atau pertukaran mahasiswa ke Jepang yang digelar di Kampus FKIP Unismuh, Senin (28/10/2019. ANTARA Foto/HO-Dekan FKIP Unismuh

Makassar (ANTARA) - Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional (UKPI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar seleksi calon peserta Sakura Science Exchange, yakni program yang memberangkatkan mahasiswa setempat ke Jepang pada Maret tahun 2020 mendatang.

Momen yang digelar bersamaan hari Sumpah Pemuda itu diikuti 65 pendaftar di Kampus FKIP Unismuh, Senin.

Sementara yang akan terpilih hanya lima mahasiswa Unismuh, mereka akan bergabung bersama 15 mahasiswa lainnya yang berasal dari Jepang, Singapura dan Vietnam.

Baca juga: Perdana, Prodi Biologi FKIP Unismuh Makassar raih Akreditasi B

Dekan FKIP Unismuh, Erwin Akib, Ph.D mengungkapkan seleksi pertukaran mahasiswa digelar bersamaan dengan hari sumpah pemuda dengan harapan mampu memberikan semangat lebih bagi para peserta, agar memiliki semangat seperti para pemuda yang berjuang di zamannya.

"Saatnya para pemuda Indonesia bisa tampil di kancah internasional, mengambil peluang untuk bersaing dengan mahasiswa dari negara lain," katanya.

Untuk mengikuti seleksi ini, para calon peserta telah berhasil lulus pada seleksi pertama yaitu seleksi berkas yang dibuka sejak bulan lalu.

Adapun pada tahapan seleksi yang diadakan bersamaan dengan hari sumpah pemuda ini yaitu tahapan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD).

"Nantinya para peserta yang mengikuti seleksi pada hari ini hanya akan terpilih 10 orang untuk maju ke tahapan akhir tes yaitu Design Thinking mini project persentation," ungkap Erwin.

Baca juga: Unismuh-Singapore Polytechnic lanjutkan kerja sama inovasi sosial

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar