Kita bergabung dengan organisasi dunia tentang penjaminan mutu dan bertukar pikiran meningkatkan kualitas perguruan tinggi Islam, menghidupkan budaya penjaminan mutu
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Amany Lubis mengajak perguruan tinggi lain agar dapat meraih Akreditasi A.

Ajakan Amany itu disampaikan di Jakarta, Senin, di sela acara "Quality Assurance for Higher Education 4.0 in the Islamic World" yang digelar pada 27-30 Oktober 2019.

Dia mengatakan konferensi internasional itu merupakan ajang tukar pikiran agar perguruan tinggi, terutama yang terkait keagamaan Islam, dapat secara bersama meningkatkan kualitas pendidikan kampus yang diukur dari akreditasi.

Menurut dia, kegiatan itu penting karena dapat meningkatkan kualitas kampus, terutama dalam konferensi dihadirkan para praktisi dan peneliti yang berpengalaman, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

"Kegiatan yang mengambil tema seputar penjaminan mutu di perguruan tinggi Islam ini penting sekali. Kita bergabung dengan organisasi dunia tentang penjaminan mutu dan bertukar pikiran meningkatkan kualitas perguruan tinggi Islam, menghidupkan budaya penjaminan mutu," katanya.

BAN PTBaca juga: UMSU raih Akreditasi A dari BAN PT

Amany berharap, konferensi internasional tersebut dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi untuk meningkatkan budaya penjaminan mutu guna meningkatkan akreditasi dari program studi dan kampus-kampus.

Selain itu, kata dia, meningkatkan akreditasi perguruan tinggi, terlebih beberapa kampus, bahkan sudah bisa mengarah pada akreditasi standar internasional.

Dia mengatakan UIN Jakarta memiliki sejumlah pengalaman yang dapat dibagi dalam forum tersebut, salah satunya kisah sukses bagaimana kampus tersebut menjadi perguruan tinggi Islam di bawah Kementerian Agama pertama yang memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

"Kami juga sekarang sudah ada empat prodi yang bersertifikat AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance). Sekarang sedang dipersiapkan tiga lagi. Untuk itu, kami membagi pengalaman bahwa budaya mutu itu tidak sulit asal kita serius, berbenah untuk meraih target yang dirancang," kata dia.

Baca juga: BAN PT: 3 instrumen sulitkan perguruan tinggi dapatkan akreditasi A
Baca juga: BAN PT minta APPTHI memproses badan hukum ke pemerintah

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019