Bulu tangkis

Tekad Affan tembus Kudus setelah lima kali gagal audisi

Tekad Affan tembus Kudus setelah lima kali gagal audisi

Pebulu tangkis asal Tulung Agung peserta Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019, Muhammad Affan Alaudin. ANTARA/HO/PB Djarum

Karanganyar (ANTARA) - Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis 2019 edisi Solo Raya di GOR RM Said Karanganyar, Jawa Tengah, Senin memasuki hari kedua dan persaingan untuk lolos ke audisi final di Kudus cukup ketat mengingat audisi menggunakan sistem turnamen.

Salah satu peserta yang berusaha mengejar tiket lolos ke audisi final itu adalah Muhammad Affan Alaudin. Demi mengejar tiket, pebulu tangkis berusia 10 tahun itu harus rela menempuh jarak lebih dari 200 km dari kota asalnya, Tulungagung, Jawa Timur.

Diantar oleh kedua orang tuanya, Toni Ratna Triwanto dan Yeni Anggraeni, Affan memang terlihat percaya diri saat menjalani pertandingan mengingat audisi di Karanganyar adalah untuk keenam kalinya setelah lima sebelumnya gagal mendapatkan tiket.

Baca juga: Fung: Audisi Djarum dorong atlet berprestasi internasional

"Ya. Ini yang keenam kalinya saya ikut audisi PB Djarum. Semoga saya bisa lolos," kata Affan saat ditemui usai menjalani pertandingan ketiganya.

Siswa kelas empat SD di Tulungagung itu turun dikategori U-11. Sebelum mengikuti audisi di Karanganyar, Affan sudah mencoba peruntungan di Surabaya sebanyak dua kali, Bandung, Purwokerto, serta Kudus.

Kegagalan di lima audisi sebelumnya ternyata menjadi salah satu penyemangat bagi Affan. Anak kedua pasangan Toni Ratna Triwanto dan Yeni Anggraeni itu mengaku akan terus berusaha lolos audisi jika pada seri Solo Raya ini belum mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Pesan Butet untuk peserta audisi beasiswa Solo Raya

Baca juga: PB Djarum siapkan 12 Super Tiket audisi umum


"Akan terus ikut (jika gagal) karena bapak dan ibu sangat mendukung. Saya akan terus berusaha hingga bisa masuk PB Djarum," kata Affan dengan penuh percaya diri.

Sementara itu orang tua Affan, Toni Ratna Triwanto mengaku bakat anaknya sudah terlihat sejak kelas dua SD. Saat itu dirinya sedang bermain bulu tangkis, Affan meminta raket yang digunakan. Sejak itu bakatnya terus dipoles hingga saat ini.

"Dia (Affan) pernah ikut klub, tapi berhenti karena latihannya kurang maksimal. Setelah itu saya menyewa lapangan khusus untuk latihan. Perkembangannya cukup bagus meski mentalnya belum seberapa kuat. Masih ingin cepet-cepet menang," katanya.

Meski belum lolos ke audisi final, pria yang juga seorang ASN ini mengaku perkembangan anaknya cukup bagus di setiap audisi yang diikuti. Bahkan, di beberapa audisi mampu masuk babak perdelapan besar.

Baca juga: Legenda bulu tangkis mencari bibit atlet lewat audisi di Surabaya

"Harapan saya tidak lebih baik di sini (Solo Raya). Dia sudah banyak belajar dari audisi-audisi sebelumnya. Semoga cita-cita dia masuk PB Djarum bisa tercapai," kata pria yang juga hobi main bulu tangkis itu.

Sebanyak 48 peserta berhasil lolos Tahap Turnamen di hari kedua Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019 di Solo Raya, dengan rincian 16 peserta di kelompok U-11 Putra, 8 peserta (U-11 Putri), 16 peserta (U-13 Putra), dan 8 peserta (U-13 Putri).

Mereka akan kembali bertanding sebanyak dua kali di hari ketiga, Selasa (29/10), guna meraih Super Tiket menuju tahap Final Audisi di Kudus pada 20-22 November.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar