saat ini para lulusan dituntut kreatif dan inovatif dengan cepat
Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan PT Kapal Api Global menyiapkan 'Smart Class Room' atau ruang kelas pintar agar para mahasiswa dapat belajar dengan nyaman, modern dan interaktif.

"Fasilitas ruang kelas pintar ini tentunya sangat membantu para mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuannya, karena saat ini para lulusan dituntut kreatif dan inovatif dengan cepat," kata Dekan Fakultas Teknik UI, Hendri D.S Budiono usai Acara peresmian smart class room yang digelar bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda di FTUI Depok, Senin.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Rektor UI Muhammad Anis, Chief Marketing Officer PT Kapal Api Global Christeven Mergonoto, dan Deputy CEO PT Kapal Api Global Adi Haryono.

Hendri mengatakan ruang kelas pintar ini dibangun dengan konsep memiliki berbagai fitur canggih untuk mendukung berbagai model pembelajaran. Serta dilengkapi dengan modular table yang dapat diatur formasinya sesuai dengan mode perkuliahan, serta smart board interaktif yang memiliki fitur canggih.

Baca juga: UI-Daewoong Foundation kerja sama dirikan laboratorium bioanalisis
Baca juga: Vokasi UI canangkan 'Furoshiki' pengganti kantong plastik


Jadi lanjut dia selama perkuliahan berlangsung juga, sistem akan merekam kegiatan perkuliahan secara otomatis dan hasilnya dapat digunakan oleh mahasiswa.

Nantinya hasil rekaman dan hasil diskusi selama perkuliahan di smart class room dapat diakses oleh mahasiswa melalui kanal learning management system.

"Pembuatan ruang kelas pintar ini merupakan visi dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia untuk menyediakan cutting edge engineering education," katanya.

Kami berkeinginan untuk mengimplementasikan teknologi IT yang mengubah proses pengajaran di FT UI dari teaching menjadi learning yang berfokus kepada mahasiswa.

"Penerapan teknologi diharapkan dapat mendorong pembentukan sistem yang terintegrasi untuk memfasilitasi proses belajar untuk menyiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan global," ujarnya.

Baca juga: UI: Melawan radikalisme dengan benteng pemikiran kritis
Baca juga: Tim Zen UI raih juara pertama Cyber Jawara 2019


Sementara itu Chief Marketing Officer PT. Kapal Api Global, Christeven Mergonto menambahkan sudah saatnya industri dan universitas harus bergandengan erat dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang siap menghadapi persaingan masa depan.

"Pengembangan pendidikan Indonesia, bukan hanya tanggung jawab kampus tapi juga tanggung jawab masyarakat industri,” kata Christeven.

Menurut dia penerapan teknologi ruang kelas pintar telah diimplementasikan oleh universitas di dunia untuk itu PT Kapal Api Global turut berpartisipasi dalam pembangunan ruang kelas pintar di FTUI dengan memberikan hibah.

Baca juga: Tim Aksi UI gagas sekolah dan kampung siaga bencana Lombok
Baca juga: Tim AMV UI raih juara kontes kapal cepat tak berawak

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019