Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menjadi bandara kelima yang akan dievaluasi oleh ACI,
Semarang (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) melibatkan Airport Council International (ACI) dalam melakukan evaluasi tingkat keselamatan di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sebagai wujud komitmen terhadap kualitas keselamatan bandara.

"Keselamatan merupakan prinsip mutlak dalam sektor penerbangan yang harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan kualitasnya, selain aspek keamanan, pelayanan, dan kepatuhan," kata Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose di Semarang, Senin.

Ia menyebutkan bahwa untuk mewujudkan keunggulan operasional bandara, terutama pada aspek keselamatan, maka Angkasa Pura I (Persero) melakukan evaluasi keselamatan bandara secara periodik di bandara-bandaranya melalui keikutsertaan pada Program Airport Excellence (APEX) in Safety ini yang melibatkan ACI.

Baca juga: Dirjen: Pemerintah dituntut jaga keselamatan penerbangan

Menurut dia, kegiatan evaluasi keselamatan bandara ini merupakan inisiatif Angkasa Pura I dengan berpartisipasi pada Program APEX in Safety yang diinisiasi oleh ACI sebagai lembaga kebandarudaraan dunia yang memberikan asistensi para anggotanya untuk meningkatkan kepatuhan dan kesesuaian dengan standar International Civil Aviation Organization (ICAO).

Baca juga: AP I-AIRNAV kolaborasi kampanyekan keselamatan Penerbangan

Adapun aspek-aspek penunjang keselamatan di bandara yang dievaluasi oleh Tim Auditor ACI yaitu pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP PK), berbagai dokumentasi terkait kegiatan keselamatan, peraga atau informasi keselamatan, dan manajemen hewan liar.

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang menjadi bandara kelima yang akan dievaluasi oleh ACI, setelah sebelumnya dilakukan evaluasi di empat bandara Angkasa Pura I lainnya yaitu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional Juanda Surabaya, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Baca juga: Mahasiswa UI ciptakan sabuk pintar untuk keselamatan penerbangan

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019