Tokoh harapkan Wempi Wetipo maksimal kerja untuk Papua

Tokoh harapkan Wempi Wetipo maksimal kerja untuk Papua

Tokoh masyarakat Papua dari Suku Amungme di Kabupaten Mimika, Yosep Yopi Kilangin (ANTARA/Evarianus Supar)

Jangan sekadar mengangkat seseorang supaya terkesan ada tampang Papua dalam kabinet. Apakah dia punya kemampuan atau tidak di bidang yang ditugaskan itu. Kalau mau pilih orang Papua duduk dalam kabinet maka pilihlah orang yang tepat, punya kapasitas
Timika (ANTARA) - Tokoh masyarakat Papua dari Suku Amungme di Kabupaten Mimika, Yosep Yopi Kilangin mengharapkan agar Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jhon Wempi Wetipo bisa bekerja maksimal untuk mendukung pembangunan infrastruktur di wilayah Papua.

"Jujur kami sebetulnya sangat kecewa dengan penunjukan perwakilan orang Papua yang duduk dalam kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres KH Mar'uf Amin karena terkesan hanya sebagai pelengkap saja. Tapi apa mau dikata, keputusan sudah dibuat oleh Jokowi. Kami hanya berharap Wempi Wetipo bisa melaksanakan amanat itu dengan sebaik-baiknya meskipun dia bukan dari latar belakang teknik, tapi pariwisata," kata Yopi Kilangin di Timika, Selasa.

Mantan Ketua DPRD Mimika periode 2004-2009 itu mengakui bahwa penentuan figur yang akan menduduki jabatan menteri atau wakil menteri dan berbagai jabatan strategis lainnya di tingkat nasional merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Baca juga: Wamen PUPR : Jembatan Holtekam komitmen Presiden Jokowi bangun Papua

Namun, khusus untuk figur asal Papua yang ditempatkan dalam kabinet pemerintahan, menurut Yopi, seharusnya Presiden Jokowi meminta masukan dari berbagai tokoh Papua.

"Seharusnya duduk bersama dengan orang Papua untuk berdiskusi dan meminta masukan dari mereka. Di lingkaran sekitar presiden kan ada orang-orang Papua seperti Lenis Kogoya, Ali Ngabalin, bila perlu panggil Gubernur Lukas Enembe atau Rektor Uncen untuk menanyakan siapa figur yang tepat," kata Yopi, putra dari tokoh pejuang Pepera, (Alm) Mozes Kilangin itu.

Ia mengatakan penunjukan figur yang akan duduk dalam kabinet pemerintahan, apalagi mewakili Papua, daerah yang selama puluhan tahun selalu bergejolak, maka harus melalui pertimbangan matang.

Baca juga: Wamen PUPR: Kondisi geografis hambat pembangunan di Papua

"Jangan sekadar mengangkat seseorang supaya terkesan ada tampang Papua dalam kabinet. Apakah dia punya kemampuan atau tidak di bidang yang ditugaskan itu. Kalau mau pilih orang Papua duduk dalam kabinet maka pilihlah orang yang tepat, punya kapasitas serta integritas," ujarnya.

Terlepas dari berbagai hal itu, Yopi meminta seluruh warga Papua memberikan dukungan agar Jhon Wempi Wetipo dapat mengemban amanat sebagai Wamen PUPR dengan tugas utama dari Presiden Jokowi yaitu mempercepat pembangunan infrastruktur di Papua, terutama di wilayah pedalaman yang masih terisolasi.

Jhon Wempi Wetipo sebelumnya pernah menjabat Bupati Kabupaten Jayawijaya selama dua periode atau 10 tahun. Ia juga menjadi kompetitor utama Gubernur Lukas Enembe saat Pilkada Provinsi Papua pada 2018. Saat ini Jhon Wempi Wetipo tercatat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua.

Baca juga: Basuki: Wamen PUPR Wempi untuk kawasan Indonesia bagian timur

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wamen PUPR tinjau pembangunan Jembatan Sei Alalak Banjarmasin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar