PON 2020 Papua

142 atlet selam ikuti prakualifikasi PON 2020 di Situbondo

142 atlet selam ikuti prakualifikasi PON 2020 di Situbondo

Suasana saat para atlet selama berlaga di Pantai Pasir Putih Situbondo, Selasa (29/10). (Novi Husdinarianto)

Situbondo (ANTARA) - Sebanyak 142 atlet selam dari 22 provinsi mengikuti ajang prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional atau PON 2020 di Wisata Bahari Pasir Putih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, 29 - 31 Oktober 2019.

"Kami memilih pantai di Pasir Putih Situbondo ini karena representatif untuk cabang olahraga selam. Dan lautnya tenang serta memenuhi standar di cabang olahraga selam nomor laut," ujar Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (PB POSSI) Supardi usai upacara pertandingan pra-kualifikasi PON 2020 di Situbondo, Selasa.

Ia menjelaskan dari 142 atlet selam nomor laut itu terbagi menjadi dua kategori, yakni selam finswimming dan selam OBA (orientasi bawah air). Untuk kategori finswimming terbagi dua kelas, yakni 3.000 meter dan 6.000 meter.

Baca juga: Ketua KONI Pusat Marciano teken SK 37 cabor untuk PON 2020

"Dari 142 atlet selam kategori finswimming dan OBA yang mengikuti lomba selam pra-kualifikasi PON ini akan diambil 40 atlet selam terbaik, terdiri atas 16 atlet selam finswimming dan 24 atlet dari kategori selam OBA," ujarnya.

Supardi menambahkan, untuk Provinsi Jawa Timur, atlet selam yang sudah lolos kualifikasi sebelumnya sebanyak 18 atlet selam nomor kolam renang.

"Sebelumnya pelaksanaan prakualifikasi dilaksanakan di kolam renang Saigon, Pasuruan, dan ada 80 atlet yang lolos kualifikasi selam nomor kolam. Jadi total atlet yang akan mengikuti PON di Papua, seluruhnya 120 atlet selam, 40 atlet di antaranya nomor laut yang dilaksanakan di Situbondo ini," ujarnya.

Pra-kualifikasi PON 2020 di Papua, yang dilaksanakan di Wisata Bahari Pasir Putih, Situbondo, dibuka oleh Ketua Persatuan Wanita Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Perwossi) Jawa Timur Arumi Bachsin.

Baca juga: Binaragawan Sulteng bakal unjuk kemampuan di Korea

Baca juga: Asprov PSSI Sumsel gelar seleksi pemain sepak bola putri PON 2020

Pewarta: Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Mencari foto dan titik selam baru di bawah laut Maratua

Komentar