PLN dorong penggunaan kendaraan listrik

PLN dorong penggunaan kendaraan listrik

Penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Angkasa Pura II dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam menyediakan infrastruktur pengisian baterai mobil listrik, atau dikenal dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).  (Angkasa Pura II)

Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendorong masyarakat Jakarta untuk menggunakan kendaraan listrik guna mengoptimalkan energi listrik serta mengurangi polusi.

“Tujuan dukungan kami yaitu PLN ingin bersama-sama Pemprov DKI Jakarta menggaungkan semangat menciptakan Jakarta yang lebih sehat tanpa polusi dengan lebih mengkampanyekan kendaraan listrik untuk operasional sehari-hari masyarakat,” kata Plt. Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Karnaval Jakarta Langit Biru pada tanggal 27 Oktober 2019 dengan konvoi kendaraan listrik dari Patung Pemuda Senayan, Bundaran HI, dan kembali lagi ke Senayan.

Baca juga: PLN lengkapi infrastruktur pengisian kendaraan listrik di kota besar

PLN mendukung penuh kegiatan ini karena mempunyai visi yang sama yaitu mengoptimalkan pemakaian energi listrik untuk mewujudkan lingkungan bebas polusi. Semangat ini sesuai dengan peringatan Hari Listrik Nasional ke-74 yang diperingati tanggal 27 Oktober dan dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober.

Dalam kegiatan Jakarta Langit Biru tersebut, dibutuhkan daya listrik sebesar 378.000 Volt Ampere (VA) yang semuanya dipasok menggunakan listrik PLN, tanpa genset. Untuk menambah keandalan pasokan, PLN menyiapkan 2 unit UPS dengan daya masing-masing 100.000 dan 300.000 VA.

“Kita kampanye anti polusi dengan kendaraan listrik, untuk acarapun digelar tanpa asap polusi,” tambah Inten.

Baca juga: Mengisi baterai kendaraan listrik di SPLU BPPT masih gratis

Gubernur Pemprov DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan bahwa program Jakarta Langit Biru adalah sebuah harapan mewujudkan kembalinya langit Jakarta menjadi biru, tanpa polusi. Komitmen bersama semua elemen diharapkan Anies untuk bersama-sama membangun ekosistem kendaraan listrik menjadi lebih besar, dalam keterangan tertulis dari PLN sebelumnya.

Selain melalui keikutsertaan di karnaval, dukungan PLN untuk mewujudkan Jakarta Langit Biru yaitu mendukung pertumbuhan kendaraan listrik sebagai penggerak penyedian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). PLN sudah menyiapkan beberapa titik SPKLU untuk Mobil maupun motor di Jakarta.

Polusi di Jakarta tidak hanya disumbang dari kendaraan saja. Salah satu sumber polusi di Jakarta yaitu penggunaan generator set untuk event maupun pembangunan gedung-gedung di Jakarta. Andil PLN mengurangi polusi akibat genset untuk mewujudkan langit biru Jakarta yaitu menyiapkan listrik di luar ruang yang menggunakan alat disebut Power Bank PLN.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

YBM PLN berbagi kaki palsu kepada penyandang disabilitas

Komentar