BEI buka galeri investasi syariah di kampus IAIN Papua

BEI buka galeri investasi syariah di kampus IAIN Papua

Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Papua di Jayapura meresmikan sekaligus membuka Galeri Investasi berbasis syariah di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Fattahul Muluk Papua, Selasa (29/10/2019) (ANTARA/Musa Abubar)

Kita ingin tanamkan kepada mereka investasi itu sangat mudah, terjangkau dan menguntungkan
Jayapura (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Papua di Jayapura meresmikan sekaligus membuka Galeri Investasi berbasis syariah di Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua.

Kepala Kantor BEI Perwakilan Papua, Kresna Aditya Payokwa di Jayapura, Selasa mengatakan, Kampus IAIN menjadi kampus pertama yang memiliki Galeri Investasi berbasis syariah di Papua.

Selain merupakan Galeri Investasi syariah pertama, Kampus IAIN juga menjadi kampus ke delapan masuknya galeri investasi di Provinsi Papua.

"Tujuannya, kita ingin dekatkan pasar modal kepada masyarakat umum di Papua, secara khusus generasi muda yang ada di perguruan tinggi," ujarnya.

Dia menyebutkan, hampir seluruh kampus di Kota Jayapura sudah memiliki Galeri Investasi, termasuk Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ), Universitas Yapis Papua (Uniyap), dan Kampus Ottow Geisler dan juga Kampus STIE Portnumbay.


Baca juga: IAIN jadi kampus pertama miliki galeri investasi syariah di Sulteng
Baca juga: Investival Syariah berikan 1.000 pembukaan rekening saham gratis

 

"Harapan kami adanya Galeri Investasi ini, mahasiswa bisa mendapatkan akses yang lebih mudah tentang informasi di Pasar Modal, sehingga kalau mereka mau berinvestasi mereka bisa membuka rekening saham melalui Galeri Investasi Bursa Efek yang ada di kampus ini," ujar Kresna.

Ke depan, BEI Perwakilan Papua telah menyiapkan berbagai program edukasi, sehingga secara rutin akan ada kelas-kelas pembinaan di IAIN Fathul Muluk Papua.

"Kami lebih fokus ke generasi milenial karena memang minat investasi itu saat ini banyak bertumbuh di generasi milenial," katanya.

Di Papua, tambahnya, investor dengan usia 17- 20 tahun itu cukup besar porsinya, hampir 40 persen dari total investor yang ada, s​ehingga pihaknya banyak memberikan edukasi pasar modal dengan tujuan jangka panjang.

"Kita ingin tanamkan kepada mereka investasi itu sangat mudah, terjangkau dan menguntungkan, jadi ke depan mereka kalau mau investasi mereka sudah paham," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (Febi) IAIN, DR. Muhammad Anang Firdaus mengatakan, adanya Galeri Investasi di IAIN adalah impian kampusnya yang sudah lama didambakan.

"Kami sudah lama kerjasama bekerja sama dengan BEI untuk membuka galeri investasi, sudh empat tahun yang lalu, tapi tahun ini baru dilakukan karena baru tahun ini ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis," ujarnya.

Ia menambahkan, walau galeri investasi baruhadir di IAIN Fattahul Muluk, namun mahasiswa di kampus tersebut sudah lama bergabung bersama BEI dengan melalui wadah di kampus lain.

Baca juga: Kemenkeu gandeng ITS dorong kaum muda berinvestasi
Baca juga: UII dirikan galeri investasi syariah
Baca juga: BEI fokus kembangkan produk investasi syariah

 

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Peningkatan investasi saham di Sultra pecahkan rekor 69,2 persen

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar