Surabaya (ANTARA) - Persebaya tertinggal 1-3 di babak pertama oleh tamunya, PSS Sleman, pada pekan ke-25 lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa sore.

Tiga gol PSS Sleman dicetak Jepri Kurniawan pada menit ke-16, Haris Tuharea menit ke-39 dan Yevhen Bokhashvili menit ke-43, sedangkan satu-satunya gol Persebaya dilesakkan David Da Silva pada menit ke-34.

Sejak wasit Thoriq M Alkatiri asal Jawa Barat meniup peluit tanda dimulai pertandingan, tuan rumah mengambil inisiatif menyerang dan menciptakan beberapa peluang.

Baca juga: PSS Sleman targetkan curi poin lawan Persebaya di Surabaya

Kurang dari lima menit, Persebaya memiliki dua peluang melalui tendangan bebas ditambah sekali tendangan sudut, tapi masih gagal dimanfaatkan.

Keasyikan menyerang, Persebaya lengah dan gelandang PSS Sleman Dave Mustaine yang bebas berdiri di lapangan tengah mendorong bola ke Jepri Kurniawan yang berlari dari sisi kiri pertahanan Persebaya.

Berhasil melewati Irfan Jaya, Jepri Kurniawan yang tanpa pengawalan dengan leluasa menceploskan bola ke gawang Persebaya yang dijaga Miswar Saputra pada menit ke-16.

Tertinggal, Persebaya yang tak ingin malu di kandang terus menggempur pertahanan PSS Sleman, tapi selalu kandas.

Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal kemudian melakukan rotasi di lini tengah dengan memasukkan gelandang impor asal Australia Aryn Williams dan menarik M Hidayat pada menit ke-33.

Semenit berselang, melalui skema serangan balik, Oktafianus Fernando mendorong bola ke David Da Silva yang kemudian mengelabui pemain belakang lawan dan melakukan tendangan menyusur tanah ke tiang jauh gawang PSS Sleman.

Baca juga: Brylian Aldama tunda ke Persebaya senior demi klub luar negeri

Kiper Ega Rizky Pramana gagal menyelematkan gawangnya dan membuat skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-34.

Menit ke-39, kembali pergantian pemain dilakukan “Bajol Ijo”, julukan Persebaya, kali ini memasukkan Osvaldo Haay dan menarik keluar Irfan Jaya yang mengalami masalah di kakinya.

Menit ke-39, belasan ribu suporter Persebaya yang memadati stadion dibuat terdiam setelah sundulan kepala Haris Tuharea merobek jala Miswar Saputra setelah menerima umpan tendangan bebas Guilherme Batata.

Babak pertama kurang dua menit berakhir, kembali Bonek-Bonita harus menyaksikan gawang tim kesayangannya dibobol ketiga kalinya oleh PSS Sleman.

Kali ini giliran striker Yevhen Bokhashvili yang membuktikan kualitasnya dengan melesakkan gol usai sukses mengelabui dua pemain bertahan Persebaya, dan skor 1-3 bertahan hingga turun minum.

Baca juga: Presiden Persebaya ingatkan pemain tampil maksimal di sisa musim

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019