Hari Internet Internasional, ini harapan pakar mesin pencari

Hari Internet Internasional, ini harapan pakar mesin pencari

Public Liaison for Search, Google, Danny Sulliva, ditemui di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (29/10/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Dalam merayakan Hari Internet Internasional (International Internet Day) tiap tanggal 29 Oktober, Public Liaison for Search Google, Danny Sulliva, berharap internet akan terus memberikan makna positif terhadap masyarakat luas.

"Internet sangat luar biasa dalam membantu orang untuk menjadi lebih terhubung satu sama lain, membuat hidup lebih mudah, membantu bisnis," ujar Danny kepada Antara ditemui di kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa.

"Memang internet juga punya sisi negatif, tapi semoga bisa jadi lebih positif, membantu orang pada umumnya," lanjut dia.

Salah satu hal yang dilakukan dengan internet adalah melakukan pencarian informasi. Salah satu mesin pencari adalah Google.

Baca juga: Google Search kini lebih pintar berkat BERT

Baca juga: Gmail dengan tema gelap meluncur di Android dan iOS


Google Search berdiri pada 1998. Selama 21 tahun perjalanan Search, Danny mengatakan mesin pencari itu banyak mengalami evolusi.

"Search berawal dari bagaimana kami ingin mencari cara yang lebih baik untuk menelusuri angka-angka halaman, kemudian berkembang dengan ide untuk memulai mencari dan menghubungkan," kata Danny.

Kini, Danny mengatakan, Search berkembang dari mengenali halaman kata, kemudian mengerti kombinasi kata. Selanjutnya, Search berevolusi dengan pemahaman yang lebih baik.

"Kami mengembangkan untuk lebih memahami kata-kata yang ada frasa," ujar Danny.

Baca juga: Google bergulat dengan masalah kepercayaan

Baca juga: Google siapkan "pesta" khusus untuk fans berat Pixel

Baca juga: Digimon bisa diunduh gratis di Google Play

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Area blank spot NTB terkoneksi jaringan telekomunikasi pada 2020

Komentar