Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, mengatakan Komisi III DPR akan memulai proses uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal kepala Kepolisian Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Idham Aziz, Rabu (30/10).

Hery mengatakan, prosesnya akan dimulai dengan kunjungan Komisi III DPR ke rumah Aziz pada Rabu pagi (30/10).

"Jika kami mendapat persetujuan dari seluruh anggota untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri maka agendanya adalah besok (Rabu) pukul 09.00 WIB kami akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan beliau pribadi dan keluarganya," kata dia, di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu.

Setelah itu menurut dia, Komisi III DPR akan menerima masukan masyarakat dan kalau masih memungkinkan pada sore hari akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Juga baca: DPR pastikan uji kelayakan calon Kapolri pekan ini

Juga baca: Anggota DPR yakin Idham Aziz mampu atasi gangguan keamanan

Juga baca: DPR terima surat presiden terkait Idham Aziz pengganti Tito

Ia mengatakan, kemungkinan pada Rabu malam akan dilakukan pengambilan keputusan tingkat I yang akan menetapkan calon kepala Kepolisian Indonesia terpilih.

"Pada Rabu malam, kami akan lakukan penetapan calon Kapolri terpilih yang sudah dibuatkan keputusan tingkat pertama di Komisi III DPR. Lalu pada Kamis, akan diteruskan dalam Rapat Paripurna DPR," ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam uji kelayakan, semua anggota Komisi III DPR punya hak bertanya tentang apapun, khususnya mengenai visi-misi dalam memimpin Polri kedepan.

Ia  menilai, calon Kapolri harus memiliki peta jalan yang jelas dalam memimpin Kepolisian Indonesia ke depan. 

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019